Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru menerima hibah 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari SKKMigas dan PT. Chevron Pacifik Indonesia.
Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru menerima hibah 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari SKKMigas dan PT. Chevron Pacifik Indonesia.

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru menerima hibah 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari SKKMigas dan PT. Chevron Pacifik Indonesia.

Penyerahan Dua unit mobil ini di gelar di halaman kantor Walikota Pekanbaru di hadiri Walikota Pekanbaru Firdaus MT, dan Sanur Arif, General Manager Policy Government CPI Wilayah Sumatra.

Walikota usai penerimaan mobil Damkar mengakui berterimakasih atas bantuan SKK Migas dan PT. CPI, pasalnya bantuan ini diharapkan menambah perangkat kerja damkar, sehingga bisa mempercepat kinerja mereka dalam menanggulangi bencana Kota Pekanbaru dan pekan sekawan.

Menurut Wako, Pertumbuhan kota Pekanbaru saat ini sudah pesat apalagi dalam 2 tahun kedepan. Dimana akan akan bermunculan gedung bertingkat berlantai diatas 10 lantai. Ini di buktikan dengan pemko sudah sudah mengeluarkan ijin prinsip pembangunan gedung bertingkat bagi sekitar 40 titik.

“Rata-rata bangunannya diatas 10 lantai. Diperkirakan dalam setahun ini 30 gedung akan selesai,” ujar Firdaus.

Dengan kondisi ini tentu dibutuhkan mobil damkar yang lebih representatif, karena yang akan diatasi gedung berlantai banyak dan memiliki bace mand, sehingga pola penanganan pemadamannya lebh baik dan canggih

“Untuk itu kedepan akan ada perbaikan personil keterampilan memadamkan api dan jumlah personil.Selain itu akan bekerjasama dengan polisi untuk membuka no telepon 3 digit melayani pengaduan kebakatan Pekanbaru sebagai pilot projec , kini sudah dilakukan master plandnyan,” urainya.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT bersama Sekda Kota dan Kepala BPBD, menyaksikan uji coba penggunaan mobil pemadam kebakaran bantuan dari Chevron, Selasa (17/6) di halaman kantor Walikota.

Nanti nomor ini akan terintegrasi ke semua inststansi terkait, Pol, TNI,Damkar,Pemko,Diskes dan sebagainya. Untuk melengkapi ini semua kedepan Pemko juga akan di menjadwalkan penyediakan perlengkapan dan struktur organisasinya.

“Akan ada angka idelnya baik peralatanmaupun jumlah personilnya. Dalam waktu dekat ini akan ada penambahan di bawah 50 orang.Untuk kecamatan yang sudah ada unit pemadamannya tinggal melengkapi,sekaligus pos unit cepat pemadaman,” harapnya.

Sanur Arif, General Manager Policy Government CPI Wilayah Sumatra, saat dikonfirmasi, mengatakan sebelum dihibahkan 2 unit damkar ini sudah dilakukan peremajaan lagi agar bisa digunakan.

“kita kalau bisa selalu berkontribusi buat pemko, kalau ada peralatan kita yang sudah di pakai diremajakan kembali baru kita hibahkan,” Ujarnya.

Ia mengaku bantuan serupa juga sudah di berikan seperti genset, Akan ada juga hibah pelabuhan,meski ini masih dalam proses. “Selain mobil kita juga berikan pelatihan untuk mengoperasikan mobil ini dan sudah kita lakukan,” tambahnya.***(chir)