Firdaus,ST,MT
Firdaus,ST,MT

Pekanbaru (SegmenNews.com)— Kalau tidak ada aral melintang, Insya Allah, besok Sabtu (21/614), Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru, secara resmi akan memberikan gelar kehormatan adat kepada Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus dan Ayat Cahyadi, masing-masing sebagai Datuk Bandar Setia Amanah, dan Datuk Muda Bandar Setia Amanah.

Demikian informasi yang disampaikan Destriani Bibra selaku ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAMR Pekanbaru yang didampingi Kepala Bagian Humas Setda Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat (20/6) di kantor Walikota Pekanbaru.

Dijelaskan bahwa penabalan atau penobatan gelar adat tersebut diberikan kepada Walikota dan Wakil Walikota oleh LAMR Kota Pekanbaru karena sebagai Kepala Daerah Walikota dan Wakil Walikota ada payung panji adat di negeri ini.

Penabalan tersebut akan digelar di Balai Adat Kota Pekanbaru di Jalan Senapelan Sabtu (Hari ini_Red) yang dimulai sejak jam 08.00 WIB, yang akan dihadiri oleh para pejabat daerah, para pengurus LAMR Provinsi dan Kota, para tokoh agama, tokoh masyarakat, organisassi, dan PNS serta seluruh lapisan masyarakat.

“Ada tiga agenda kegiatan kita pada hari Sabtu tanggal 21 Juni ini, peresmian balai adat LAMR Kota Pekanbaru, pengukuhan pengurs LAMR Kota Pekanbaru, dan penabalan atau pemberian gelar kehormatan adat kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT sebagai Datuk Bandar Setia Amanah, dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi sebagai Datuk Muda Bandar Setia Amanah,’’ ujar Ide.

Ditambahkan Kepala Bagian Humas Ingot Ahmad Hutasushut bahwa prosesi peresmian Balai Adat, pengukuhan pengurus LAMR Kota Pekanbaru, dan penabalan Datuk Bandar Setia Amanah dan Datuk Muda Bandar Setia akan disiarakan secara langsung di Riau Televisi, serta diliput oleh media cetak dan eletronik.

“Penabalan ini juga dirasakan menambah semarak suasana peringatan hari jadi Pekanbaru yang ke 230 yang akan diperingati pada hari Senin (23/6) ini,’’ ujar Kabag Humas.***(achir)