Semarak Pembukaan MTQ ke-14 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu
Semarak Pembukaan MTQ ke-14 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-14 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) didampingi Wakil Bupati Ir. H. Hafith Syukri MM, Jumat (20/6/14) malam. Sesuai jadwal MTQ dilaksanakan selama lima hari hingga, Rabu 25 Juni 2014.

Pembukaan MTQ ke-14 Tingkat Rohul yang dihadiri Sekdakab Rohul Ir. H. Damri Harun MM, unsur Forum Komunikasi Daerah Rohul, pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, serta diramaikan ribuan masyarakat Rohul dan masyarakat Padang Lawas, Sumatera Utara malam itu ditandai dengan penekanan tombol sirene. Langit Rokan Hulu dihiasi kembang api dan sinaran lighting menambah semaraknya pelaksanaan MTQ.

Laporan Ketua Panitia MTQ ke-14 Tingkat Rohul 2014, Syaiful Bahri juga Asisten II Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul mengatakan pada MTQ tahun ini diikuti 420 peserta dan oficial.

420 peserta itu terdiri dari Kecamatan Rambah mengirimkan 28 peserta dan 8 oficial, Rambahsamo 22 peserta dan 8 oficial, Rambah Hilir 23 peserta dan 6 oficial, Bangunpurba 18 peserta dan 8 oficial dan Kecamatan Tambusai mengirimkan 26 peserta dan 8 oficial, Tambusai Utara 32 peserta dan 8 oficial, Kepenuhan 32 peserta dan 11 oficial, serta Kepenuhan Hulu mengirimkan 18 peserta dan 8 oficial.

Kemudian, Kecamatan Ujungbatu mengirimkan 28 peserta dan 5 oficial, Tandun 30 peserta dan 7 oficial, Kabun 32 peserta dan 8 oficial, Rokan IV Koto 28 peserta dan 8 oficial, Pendalian IV Koto 24 peserta dan 8 oficial, Kuntodarussalam 21 peserta dan 8 oficial, Pagarantapah 22 peserta dan 8 oficial, sedangkan Kecamatan Bonaidarussalam mengirimkan 32 peserta dan 8 peserta.

Untuk cabang MTQ ke-14 tingkat Rohul tahun ini ada 5 cabang terdiri cabang Tilawah, Hifzil Quran, Syarhil, Fahmil, serta cabang Khottil. Dari cabang itu dibagi lagi beberapa sub cabang.

Bupati Achmad dalam sambutannya, terus mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hulu membumikan alqur’an. Helatan MTQ ini juga salah satu bentuk sebagai syiar Islam dan membumikan ayat-ayat Al Quran.

Diajang MTQ ini, kata Bupati, dapat juga menambah pendapatan masyarakat sebagai penunjang ekonomia mereka, karena pelaku usaha dan masyarakat bisa meraup keuntungan dengan dagangan mereka di lapak khusu yang telah disefiakan panitia di area selatan. Stand Pameran Pembangunan yang menampilkan banyak potensi daerah.

Diakhir pelaksanaan MTQ nanti, akan ditutup dengan atraksi marching band Gita Praja Satuan Polisi Pamong Praja Rohul. Acara semakin menarik setelah tarian massal “Suluh Mengaji” melibatkan sekitar 500 pelajar dari berbagai sekolah tingkat SLTA di Kecamatan Rambah dan Rambah Hilir.***(adv/hum/r4n)