Deteksi titik api.
Deteksi titik api.

Pekanbaru (SegmenNews.com) – Kebakaran hutan dan lahan kembali melanda Provinsi Riau. Ratusan titik api saat ini sudah mengepung bumi Melayu.

Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), saat ini terdetekti hot spot sebanyak 110 titik. Seluruh titik api tersebut hampir merata di 12 kabupaten dan kota.

Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono, mengatakan saat ini sudah memerintah jajarannya untuk segera menangani kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.

“Saya sudah perintahkan para kapolres untuk melakukan upaya dini untuk pencegahan. Namun, jika sudah terjadi kebakaran hutan seperti ini lagi, kita perintahkan untuk mencari siapa pelakunya,” katanya, Minggu (22/6/2014).

Selain itu, pihak kepolisian juga saat ini sudah melakukan kordinasi dengan pihak Mangga Agni, TNI, dan pemerintah kabupaten dan kota untuk sama-sama menanggulangi kebakaran lahan dan hutan.

“Berdasarkan pantauan BMKG, saat ini memang Riau dalam kondisi ekstrim untuk kebakaran karena lagi musim kering. Untuk itu semua pihak untuk sama-sama menanggulangi hal ini,” tandasnya.

Sebelumnya, pada awal tahun lalu sampai awal April kebakaran hutan melanda Riau. Kebakaran yang sangat lama diatasi ini juga membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpaksa ‘turun gunung’ untuk mengambil komando penanggulangan kebakaran hutan terus terjadi tiap tahun di Bumi Lancang Kuning julukan Riau.***(son)