Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Politisi Demokrat Ruhut Sitompul
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Politisi Demokrat Ruhut Sitompul

Jakarta (SegmenNews.com)- Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul berubah sikap 180 derajat terkait pilihannya pada Pemilu Presiden 9 Juli mendatang. Jika dulu sering melontarkan kritik pedas terhadap Joko Widodo (Jokowi), kini Ruhut mengaku jatuh hati untuk mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

“Saya akan deklarasi dukungan untuk Jokowi-JK malam ini. Saya sudah putuskan untuk tidak netral dan memilih pasangan nomor dua,” ujar Ruhut saat dihubungi, Senin (23/6/2014).

Ruhut menjelaskan, keputusannya itu diambil setelah menjalin komunikasi dengan sejumlah orang utusan Jokowi, seperti Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristyanto, dan anggota tim sukses Jokowi-JK, Luhut Panjaitan.

Menurut dia, pendekatan yang dilakukan Jokowi kepada dirinya patut dihargai. Pasalnya, Ruhut mengaku tetap bisa mengkritik Jokowi.

“Saya tanya kan aku selama ini sering kritik Jokowi. Mereka bilang Pak Jokowi terbuka pada kritik. Ya bagus,” kata anggota Komisi III DPR ini.

Rencananya, Ruhut akan mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-JK di Restoran Horapa, Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 31, Menteng, Jakarta Pusat, pada pukul 19.00 WIB. Ruhut mengaku pada deklarasi nanti akan hadir pula sejumlah pengurus daerah Partai Demokrat yang dekat dengannya.

Dengan dukungan ini, Ruhut mengatakan, Demokrat tetap netral. Hanya, setiap anggotanya berhak mendeklarasikan dukungan kepada siapa pun.

Sebelumnya, Ruhut kerap mengkritik kinerja Jokowi di Pemprov DKI Jakarta. Dia bahkan kerap menyerang ketika Jokowi diwacanakan menjadi capres.***

 

Red: hasran
Sumber: kompas