Pelalawan (SegmenNews.com)- Gubenur Propinsi Riau, Annas Maamun berharap kepada masayarakat Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan agar mempertahankan pertanian dan terus melakukan pengembangan. Agar nantinya kabupaten Pelalawan menjadi lumbung padi di Riau.

Hal tersebut di sampaikan Gubri di Pelalawan, Selasa (24/6/14). Anas juga berjanji bahwa provinsi siap mengucurkan dana demi kesejahteraan petani.

Annas juga mengatakan, program visi misi Kabupaten sangat sejalan dengan visi misi Propinsi Riau, dengan kesejahteraan petani Propinsi akan mengkucurkan dana dari APBD untuk membangun kantor UPJA. Disamping itu juga untuk kesehatan bagi petani akan di jamin agar penanganan kesehatan sangat penting dan untuk itu juga Propinsi Riau akan membangun 200 unit buat petani di Desa Sungai Upih.

Sementara Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, belajar dari semangat yang tercemin dalam sejarah kebangkitan pertanian Korea Selatan, ada beberapa faktor pertanian Korea Selatan maju begitu pesat.

Maka dari itu Kabupaten Pelalawan dalam pelaksanaan prioritas pertanian dan pangan akan menyusun langkah-langkah strategis. Saat ini langkah yang diambil untuk melakukan dimamika kelompok kemandirian antara lain pengembangan sumber daya manusia pertanian, pengembangan sumber daya lahan pertanian.

Disamping itu juga pengembangan sistem pembenihan, peningkatan sarana produksi pertanian dan yang terakhir pengembangan pengolahan pasca panen. ” Jika hal tersebut dapat kita kerjakan dengan sungguh-sungguh dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak, saya yakin dan yakinlah bapak ibu petani akan semakin berkembang pertaniannya dan pangan di Kabupaten Pelalawan,” tegasnya.

Harris menambahkan, meningkatnya produksi padi yang pada gilirannya akan terwujudnya kemandirian pangan dan kesejahteraan bagi petani. Untuk itulah saat ini mengundang peneliti yang telah hadir dihadapan sekarang ini yang terhimpun berbagai lembaga penelitian di Kementerian yang akan membantu pelaksanaan pengembangan pertanian dan pangan mulai dari hulu sampai hilir.

Hal yang sama juga dalam sambutan Kepala Badan Litbang Pertanian Dr Ir Haryono MSc mengatakan,dengan kehadiran litbang bisa membantu memajukan pertanian di Kabupaten Pelalawan. Sangat mengapresiasi kinerja Bupati Pelalawan yang serius mengembangkan pertanian dengan peningkatan sarana produksi pertanian dan disamping itu juga Pelalawan mempunyai balai benih induk (BBI).

” Saya merasa terima kasih kepada Gubenur Riau, Bupati Pelalawan dan SKPD yang telah memberikan sebuah perubahan kemajuan pertanian dengan berbagai cara dilakukan demi kesejahteraan.***(fin)