Kabag Humas Pemko Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut
Kabag Humas Pemko Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Menyambut awal puasa sudah menjadi tradisi masyarakat melakukan petang megang sehari menjelang puasa. Penentuan puasa masih menunggu sidang isbat.

Pada acara petang megang dimungkinkan akhir pekan depan, Pemerintah Kota Pekanbaru bakan menggelar agenda tahunan petang megang di tepian Sungai Siak Pekanbaru. Diacara petang megang akan dilakukan tradisi pelepasan 1.000 itik.

Namun cara pelepasan itik tahun ini di lakukan dengan cara berbeda dibandingkan tahun lalu agar lebih madani. Itik tidak di terbangkan seperti tahun lalu melainkan akan dilepas ditempat yang sudah ditentukan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Kota Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut, Selasa (24/6/2014) mengatakan, rapat persiapan untuk penyelenggaraan acara petang megang sudah di gelar. Namun tanggal pasti pelaksanaan penyelenggaraan petang megang masih belum di pastikan karena masih menunggu sidang Isbat.

Acara tersebut direncanakan akan di hadiri Gubernur Riau Anas Maamun, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Muspida, tokoh agama serta seluruh masyarakat Pekanbaru juga akan turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Lanjut Ingot, selain acara tradisi pelepasan itik, ada juga pasar murah dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyebar 1.000 paket pada pasar murah. Dari paket yang di jual seharga Rp104 ribu itu terdiri Beras 10 kilo, harganya disubsidi Rp 30 ribu, gula 2 kilo, harganya disubsidi Rp7500, minyak 2 liter disubsidi Rp 7.500, sarden satu kaleng di subsidi Rp2500 dan satu Susu kaleng disubsidi Rp2500.

“Kita berharap petang megang ini tidak hanya seremoni saja tetapi membawa hikmad,” pungkasnya.***(chir)