Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi
Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menargetkan tahun 2016 mendatang seluruh masyarakat yang berada di 16 Kecamatan sudah mendapatkan layanan air bersih.

Hingga saat ini, sampai Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (TRCK) Rokan Hulu Drs H Yusri MSi melalui Kasi Air Bersih, Drs Yondri Elfian, kepada SegmenNews.com, Selasa (24/6/14) diruang kerjanya, dari 16 Kecamatan di Rokan Hulu, 11 Kecamatan sudah teraliri air bersih.

Hanya tinggal lima Kecamatan lagi yang akan segera di realisasikan, yakni Kecamatan Rokan IV Koto, Kepenuhan Hulu, Tambusai Utara dan Kecamatan Bonai Darussalam.

“Target tahun 2016 seluruh kecamatan sudah teraliri air bersih. Untuk lima Kecamatan yang belum teraliri, target ditahun 2015 tiga Kecamatan sudah teraliri air bersih,” sampai Yondri.

Disamping itu, lanjutnya, di tahun 2014 pihaknya masih melakukan pengerjaan pembangunan air bersih di tiga Kecamatan, yakni kecamatan Kabun, Pagaran Tapah dan Kunto Darussalam, dengan nilai anggaran dari APBN di masing-masing kecamatan Rp 9 Miliar termasuk instalasi poros.

Sementara untuk instalasi dan pipa transmisi didanai oleh APBD Rokan Hulu masing-masing, Kabun Rp 1,5 Miliar, Pagaran Tapah Rp 1,5 M, Kunto Darussalam Rp 1,5 M, Bangun Purba Rp 1 M, Rambah Samo Rp1 M.

Ada juga bantuan pipa dari APBN untuk Desa Sialang R 1 M, Rambah Tengah Utara Rp 1M dan Desa Koto Tinggi senilai Rp 350 juta. Sementara untuk peningkatan kapasitas air bersih di Kota PasirPangaraian dianggarkan dari APBN secara bertahap, tahap pertama senilai Rp 6 M, tahap berikutnya Rp 5 M dengan pembangunan Imtek baru berkapasitas 100 liter.

Untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) anggaran APBD Rohul untuk peningkatan air kapasitasair, dari 30 liter perdetik ditingkatkan menjadi 70 liter perdetik di Desa Pematang Berangan.

“Semua pengerjaan sudah rampung 60 persen,” kata Yondri.***(adv/hum/r4n)