Ayat Cahyadi
Ayat Cahyadi

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Peredaran Narkotikan di Dua semakin memprihatinkan, sebab selama ini permasahalan tersebut belum dapat terselesaikan. Masalah Narkotika hanya dapat ditahan, tentunya akan menghawatirkan dan mengancam kehidupan bangsa dan Negara.

Demikian sambutan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) DR. ANANG ISKANDAR, SH, MH yang dibacakan oleh, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Kamis (26/6/14) dihalaman kantor Walikota dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional 2014.

Lanjutnya, peredaran Narkoba kurun waktu empat tahun terakhir pengungkapan narkoba masih terlalu kecil dibandingkan dengan jumlah narkoba ilegal yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Diindonesai sendiri dari survei penyalah gunaan Narkoba tahun 2011 menunjukkan angka prevalensi penyalah gunaan narkoba sebesar 2,2 persen atau sekitar 4,2 juta orang.

Angka tersebut terus meningkat setiap tahunnya. Upaya penegakan hukum perlu ditingkatkan dan harus lebih intensif serta diintregasikan dengan upaya pemulihan dan pencegahan. Yang lebih memprihatinkan dampak dari narkoba menyebabkan banyaknya kematian dan ada juga yang tahap rehabilitasi

Mereka yang sakit membutuhkan rehabilitasi, agar mereka bisa hidup normal dan bermasyarakat kembali, jangan dikucilkan.

“Untuk menghindari itu semua, peran orangtua, guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam pendidikan yang sehat tanpa narkoba kepada anak. Sementara untuk pengguna berhak mendapatkan rehabilitasi. Pemerintah Provinsi dan Daerah harus memberikan perhatian rehabilitasi agar generasi kembali sehat dan berkarya,” imbaunya.***(chir)