Salah satu kegiatan petang belimau di Riau
Salah satu kegiatan petang belimau di Riau

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Gubernur Riau, Annas Maamun mendukung rencana Walikota Pekanbaru menjadikan Petang Belimau sebagai iven nasional dan internasional. Bahkan dalam sambutannya, orang nomor satu di Riau itu menganggarkan dana Rp 30 miliar dalam APBD Riau.

“Nanti kita rencanakan dalam APBD Riau 2015, sebelah sini (bantaran Sungai Siak) Rp 26 miliar dan sebelah sana Rp 28 miliyar untuk jadikan tepian ini cantik,” sebutnya Sabtu (28/07/14).

Ia mengaku kagum dengan ramainya masyarakat hafir menyaksikan petang balimau. “Ramai betul sebelah sini ramai, seberang sana ramai, di atas jembatan ramai, tapi di jembatan (leighton III) sana tak ada orang,” selorohnya yang disambut gelak tawa para hadirin.

Annas menambahkan, pada tahun 2014 ini, pihaknya telah siapkan Rp 12 miliar untuk bantu pemko membangun bantaran Sungai Siak agar lebih cantik. “Dalam APBD-P kami siapkan Rp 12 miliar. Nanti kita bangun cantik-cantik, kalau macam ini mana mau orang datang, haha,” ujarnya dengan logat khasnya.

Sambung Gubri dirinya bersama Walikota telah mensurvei ke lokasi Jembatan Leighton IV, di sana dirasa cocok sebagai tempat petang balimau. “Di jembatan itu lebih luas, cocok untuk diadakan petang balimau. Jadi orang dari Jakarta, Medan hingga luar negeri bisa datang,” jelasnya.

Selain itu mantan Bupati Rokan Hilir ini berencana seluruh Kabupaten dan Kota di Riau ikut serta. “Nanti kalau pawai ada dari kabupaten lain, lomba perahu juga kita minta tiap kabupaten dan kota bawa perahu khasnya masing-masing,” sebutnya.

Annas berharap iven ini bisa terus berlangsung lebih meriah dan ramai. Sehingga kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan akan lebih terasa dan luas.***(chir/btp)