Gubernur Riau, Anas Maamun didampingi Walikota, Firdaus dan pejabat memukul beduk pertanda dimulainya petang belimau
Gubernur Riau, Anas Maamun didampingi Walikota, Firdaus dan pejabat memukul beduk pertanda dimulainya petang belimau

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Menyambut bulan suci ramadhan Pemerintah kota Pekanbaru mengadakan tradisi petang balimau yang di hadiri Gubernur Riau, Walikota, Wakil Walikota, Muspida dan Tokoh masyarakat. Rombongan mengunjungi masjid tertua (Masjid Senapelan) di Pekanbaru, arak arakan rombongan menuju puncak acara petang balimau di tepian sungai siak.

Walikota pekanbaru, H.Firdaus MT mengatakan acara petang belimau ini dalam rangka mengimplementasikan kegembiraan masyarakat menyambut bulan suci ramadhan dan sekaligus melestarikan tradisi nenek moyang yang dilaksanakan setiap akan memasuki puasa.

“Petang Belimau ini nantinya akan kita implementasikan kesebuah iven Nasional, sehingga akan menjadi daya tarik pendatang berWiata ke Pekanbaru,” sampainya.

Usai memberikan sambutanya, Gubri, Anas Maamun, Walikota, Firdauas dan rombongan memukul beduk pertanda dibukanya kegiatan petang belimau. Aacara dilanjutkan dengan tradisi memandikan anak yatim secara simbolis dan memberikan santunan kepada anak yatim.

Dilanjutkan dengan pelepasan 1.000 ekor itik oleh tim Basarnas dan TNi yang disaksikan ribuan masyarakat yang sudah menanti dan bersiap-siap menangkap itik terbanyak, sebab mereka akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Acara Petang megang ini disambut antusias masyarakat pekanbaru yang hadir dalam kegiatan tersebut, masyarakat yang menonton di pinggiran sungai siak pun di hujani air limau oleh Tim pemadam kebakaran. Tim Pemadam kebakaran menurunkan 1 Unit mobil pemadam untuk memeriahkan kegiatan petang megang ini.***(chir)