Rumah susun sewa
Rumah susun sewa

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Sebelumnya Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau telah membangun dua rumah susun sewa (Rusunawa) masing-masing di lokasi eks Teleju (Kecamatan Tenayan Raya) dan Jalan Yos Sudarso Rumbai, dan tahun 2014 ini pemko akan membangun dua rusunawa lagi.

Direncanakan satu blok Rusunawa dibangun di eks lokasi Teleju untuk menambah yang sudah ada saat ini, belum lama ini pemko sudah mengajukan proposal bantuan kepada Kementerian Perumahan rakyat (Kemenpera).

Kepala Dinas Cipta Karya Pekanbaru, Dadang EP mengatakan, Senin (30/6/14) dua rusunawa yang akan dibangun itu masing-masing di wilayah Jalan Nelayan Ujung sekitar Pertumahan Witayu. Sedangkan kedua dibangun di wilayah Kampung Bandar.

Dikatakannya, rusunawa di Jalan Nelayan ini diperuntukan bagi masyarakat di sekitarnya yang hampir setiap tahun menderita akibat datangnya bencana banjir. Rusunawa akan dibangun di tempat yang lebih tinggi sehingga masyarakat bisa aman dan nyaman tinggal di tempat ini.

Sedangkan rusunawa di wilayah Kampung Bandar diperuntukkan bagi buruh yang berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah. Guna membantu mereka dalam mendapatkan tempat tinggal yang layak, maka di lingkungannya dibangun rusunawa.

Dadang menyebutkan, untuk dua rusunawa yang sudah dibangun di lokasi eks Teleju dan jalan Yos Sudarso direncanakan dalam waktu dekat ini akan segera ditempati. Minat masyarakat untuk menempati kedua rusunawa tersebut sangat besar.

Sementara itu Rusunawa sebelumnya yang dibangun di atas lahan 1,5 hektare dari 8,5 hektare luas keseluruhan lahan eks Teleju oleh dana APBN dengan nilai Rp42 miliar ini, diperuntukkan bagi para karyawan dan masyarakat yang kurang mampu.

Namun hingga kini kondisinya sudah mulai memprihatinkan karena sudah mulai rusak sebelum difungsikan.Sayangnya, sampai kini, saya belum mendengarkan bagaimana keberadaan rusunawa tersebut. Apakah sudah dimanfaatkan pemerintah daerah atau masih menunggu rencana pemanfaatan lagi.***(Chir)