Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Dalam rangka mengisi amaliah Ramadhan 1435 H/2014 M sebagai bulan agung nan mulia, bulan penuh rahmat, maghfirah, bulan istimewa sebab di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, maka Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Senin (30 Juni 2014) di kantornya, menghimbau umat Islam, sebagai berikut :

Pertama, hendakanya umat Islam laksanakan ibadah puasa Ramadhan dan sholat Tarweh secara berjamaah di masjid-masjid ataupun mushalla, sebab kedua ibadah ini adalah ibadah yang bersifat tahunan, hanya ada pada bulan Ramadhan atau sebulan dalam setahun.

Kedua, para muballigh/ah yang ditugaskan untuk memberikan pencerahan dalam bentuk ceramah kepada jamaah, agar menepati jadwal yang telah ditentukan, sebab kalau sekiranya muballigh/ah tersebut tidak datang, maka hampir dapat dipastikan tidak akan ada pemberi penceramah, sebab para penceramah telah tersebar di berbagai masjid atau mushalla yang ditentukan.

Ketiga, para pengurus masjid dan mushalla diharapkan, agar memberikan perhatian berupa insentif, uang transport atau apapun namanya kepada para muballigh/ah yang memberikan ceramah, sebagai bahagian dari penghargaan kita kepada orang-orang yang berilmu dan menyampaikan ilmu pengetahuan.

Keempat, memperbanyak membaca Alquran dalam bentuk tadarus Alquran setiap hari dan malamnya, sehingga diharapkan setiap umat Islam dapat mengkhatamkan Alquran sekali seorang dalam bulan Ramadhan ini, baik khatam secara berjamaah maupun khatam secara sendiri-sendiri.

Kelima, memperbanyak doa dalam bulan Ramadhan, sebab kalau kita perhatikan ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang puasa Ramadhan, yaitu QS. Al-Baqarah ayat 183-187, ditengah-tengahnya, yaitu pada ayat 186, Allah SWT memasukkan perintah berdoa. Hal ini menunjukkan bahwa berdoa pada bulan Ramadhan sangat diijabah oleh Allah SWT.

Ahmad Supardi lebih lanjut menyatakan, jika kelima hal ini dilaksanakan maka insya Allah, kita telah dapat mengisi Ramadhan dengan berbagai amaliah yang kelak akan mengantarkan kita menuju derajat tertinggi di sisi Allah SWT, yaitu insan muttaqien.***(r4n)