Ilustrasi GPS
Ilustrasi GPS

Jakarta (SEGMEN NEWS) – Terdapat banyak jenis GPS (Global Positioning System) yang dapat membantu pemudik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dalam perjalanannya pulang ke kampung halaman.

Menurut Kasmali, Call Center Manager RAJAGPS.co.id, toko yang menjual GPS di daerah Gunung Sahari, di Jakarta, Rabu, GPS navigasi yang beredar pada umumnya sudah sesuai dengan kebutuhan untuk mudik namun memang perlu diperhatikan beberapa aplikasinya.

Berikut beberapa kiat untuk memilih GPS untuk mudik :

1. Detail peta
Detail peta yang digunakan oleh berbagai GPS berbeda-beda, ada yang memberikan detail hingga rumah makan sampai tempat pengisian bahan bakar, ada juga yang tidak. Pilih sesuai kebutuhan.

“Tergantung detail map-nya, kalau produk GPS SF550B yang disediakan toko kami, detail mapnya sudah lengkap karena dalam pengoperasiannya telah menggunakan 24 satelit,” kata Kasmali.

2. Upgrade peta
Selain detail petanya lengkap atau tidak, harus dipilih juga GPS yang dapat memberikan upgrade peta terkini mengingat kondisi jalan yang biasanya berubah-ubah.

“Upgrade map GPS umumnya harus bayar, tapi ada juga yang bisa langsung di-upgrade tanpa membayar lagi dengan kualitas yang baik,” kata Kasmali yang mengatakan tempatnya bekerja telah mengembangkan produk GPS selama 6 tahun.

3. Lalu lintas
GPS yang terhubung online mampu memberikan kondisi lalu lintas agar dapat menghindarkan pengendara dari kemacetan lalu lintas.

“Jalur mudik saya memang itu-itu saja, tapi saya butuh tahu macet di mana sampai mana, biar saya bisa pilih alternatif lain,” kata Octavianus Winkie, warga Jakarta yang berencana mudik pada Lebaran 2014.

4. Jenis GPS
GPS yang hendak dipilih sebaiknya adalah GPS portable yang dapat dibongkar pasang dengan mudah pada kendaraan roda empat atau bahkan roda dua.

“GPS jenis portable cocok untuk kendaraan apa saja, Toyota, Honda, Daihatsu, dan sebagainya, jadi kalau mau ganti kendaraan ya gampang, bahkan untuk dipakai ke motor juga bisa meskipun butuh holder khusus,” kata Kasmali.

5. Layar GPS
GPS yang hendak dipilih juga harus disesuaikan dengan penggunanya, bila pengguna tidak bisa baca tulisan yang kecil jangan pilih GPS yang kecil. Namun layar standar yang biasa digunakan orang adalah layar ukuran 4,3 sampai 5,0 inci.***

 

Red: Sondri
Sumber : antara