Drs H Ahmad Supardi Hasibuan, MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan, MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Jamaah Calon Haji (JCH) Rohul sampai dengan hari ini, yang baru melakukan pelunasan adalah sebanyak 215 JCH dari 242 JCH yang berhak melakukan pelunasan pada tahap pertama. Hal ini berarti masih ada 27 JCH lagi yang belum melakukan pelunasan.

Untuk itu JCH diminta segera melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) paling lambat tanggal 9 Juli 2014 bertempat di Bank tempat penyetoran BPIH.

“Kalau dapat jangan sampai tanggal 9 Juli, sebab hari itu adalah hari pemilihan Presiden, jangan sampai bank tutup,” jelas Kepala Kantor Kementerian Agama (KaKan Kemenag) Rokan Hulu, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan, MA didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Elfalisman SAg Jum’at (4/7/14).

Jika saja ke 27 JCH tersebut tidak melakukan pelunasan sampai dengan batas yang telah ditentukan, maka hak mereka untuk menunaikan ibadah haji tahun ini akan hilang, dan secara otomatis diundur untuk tahun depan (2015). Porsi mereka itu akan digantikan oleh nomor urut berikutnya. Cuman penggantinya, tidak mesti orang Rohul, bisa dari Kabupaten lain, sesuai nomor urut selanjutnya.

Disamping itu, Kata Ahmad Supardi, untuk penerbangan domestic dari Pasir Pengaraian ke Batam (PP) sama dengan tahun-tahun lalu, yaitu menggunakan pesawat carteran, yang sampai dengan saat ini masih dilakukan negosiasi oleh Dinas Perhubungan Kab Rohul dengan pihak penerbangan.

Sementara biaya domestic haji juga belum bisa dipastikan sekarang, sebab masih menunggu besaran harga dari pihak penerbangan. Saya berharap agar bisa lebih murah dari tahun lalu, yaitu Rp 4,5 juta per JCH. Kalaupun harus naik, jangan sampai lebih dari Rp 5 juta, sehingga tidak terlalu memberatkan JCH.***(acce)