Jokowi-JK di Gedung Joeang (Foto:Okezone)
Jokowi-JK di Gedung Joeang (Foto:Okezone)

SegmenNews.com- Juru Bicara Tim Pemenangan Pasangan Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto mengatakan, dipastikan banyak kejutan yang akan diberikan Jokowi-JK dalam debat capres-cawapres nanti malam.

Menurut Hasto, kedua tokoh itu disebut tanpa beban dan bebas berbicara apapun untuk menyuarakan kedaulatan politik dan energi untuk Indonesia yang lebih baik.

“Lain halnya, pasangan Prabowo-Hatta. Mereka akan gagap berbicara memerangi mafia impor pangan, karena ada mitra koalisinya PKS yang terkena kasus korupsi daging. Mereka juga ragu bicara melawan kebocoran dari perminyakan,” kata Hasto di Jakarta, Sabtu (5/7/2014).

Alhasil, kata Hasto debat nanti malam adalah pertempuran antara pihak yang diduga menjadi “sumber kebocoran” dan agenda kerakyatan yang mengatasi kebocoran.

“Disitulah yang akan menjadi inti sari Jokowi. Bagaimana debat tidak hanya sebagai panggung politik rakyat, namun menjadi ajang membangun komitmen dengan rakyat. Bukan pada ketrampilan pidato yang diukur, tetapi pada realistik tidaknya agenda yang ditawarkan,” ujar Hasto.

Hasto menyebut, ketika debat tentang pertahanan beberapa waktu lalu, salah satu kejutan Jokowi yang membuat Prabowo begitu terheran adalah saat Jokowi mampu berbicara fasih tentang drone atau pesawat tanpa awak yang digunakan tidak hanya untuk pertahanan, namun juga terintegrasi dengan upaya mengatasi mafia illegal fishing dan impor.

Debat malam ini akan mengambil tema soal Pangan, Energi, dan Lingkungan, dengan moderator Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P Hadi.

 

Red: san
Sumber: okezone