Walikota didampingi Seko, menyerahkan bantuan untk masjid di wilayah Kecamatn Rumbai yang diserjaahkan saat Safari Ramadhan di Masjid Muhajirin Jalan Umban Sari Rumbai (Foto:humas)
Walikota didampingi Seko, menyerahkan bantuan untk masjid di wilayah Kecamatn Rumbai yang diserjaahkan saat Safari Ramadhan di Masjid Muhajirin Jalan Umban Sari Rumbai (Foto:humas)

Pekanbaru (SegmenNews.com)— Warga kelurahan Umban Sari Kecamatan Rumbai mengaku kesulitan mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah yang terdekat dengan tempat tinggal mereka, dan mereka merasa para pantia penerima siswa baru di sekolah tidak memberikan perhatian kepada anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar sekolah tersebut, kondisi itu membuat para orang tua menjadi resah akan masa depan pendidikan anak-anak meraka.

Hal itu dilaporkan oleh tokoh masyarakat Umban Sari Syafri kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT Datuk Bandar Setia Amanah, Jumat (4/7) saat Safar Ramadhan di Masjid Al Muhajirin Jalan Umban Sari Kecamatan Rumbai.

“Padahal sudah ada kentetuan yang kami baca dan kami dengar dari Pak Wali, bahwa anak-anak tempatan menjadi salah satu criteria prioritas dalam penerimaan siswa baru di sekolah milik pemerintah,’’ ujar Syafri yang sedikit agak berapi-api.

Menanggapi hal itu, Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang mau memberikan informasi dan data serta jalannya pelayanan yang diberikan aparatur pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

“Nah inilah salah satu tjuan safari ramadhan ini kita laksankan, selain untuk peningkatan amal di bulan ramadhan, juga untuk bersilaturrahmi antara pemerintah dan masyarakat, kemudian untuk mendengar dan melihat serta menampung aspirasi maupun permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kita,’’ ujar Walikota.

Selanjutnya Walikota yang juga didampingi para muspida, Seko, dan para pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko serta Kepala Dinas Pendidikan Zulfadil, menjelaskan secara rinci tentang kriteria reguler yang dimita menjadi perhatian bagi sekolah maupun panitia penerima siswa baru.

Setidaknya menurut Walikota Ada lima kriteria yang menjadi pehtian dan pertimbangan dalam penerimaan siswa baru, yang pertama berdasarkan nilai anak yang mencukupi batas minimal yang ditentukan, yang kedua anak-anak tempatan atau anak-anak yang berada di sekitar sekolah dengan radius 500 meter sekiitar sekolah, yang ketiga anak-anak guru yang mengajar di sekolah tersebut, yang keempat anak-anak yang berprestasi baik seni, olah raga, maupun prrestasi lainnya dengan level tingkat kab/Kota, Provinsi, terutama yang berprestasi di tingkat nasional, dan yang kelima adalah anak-anak dari orang tua yang pindah tugas ke wilayah sekolah tersebut.

“Lima kriteria itu menjadi pertimbangan khusus secara berjenjang oleh pihak sekolah. Dan ini sudah disosialisasikan leh pihak dinas pendidikan ke seluruh UPTD Kecamatan dan seluruh sekolah pemerintah yang ada di Pekanbaru baik umum mapun madrasah negeri,” ujar Walikota.

Dalam kesempatan safari ramadhan tersebut, Walikota didampingi Seko HM Syukri Harto juga menyerahkan bantuan dana untuk 5 masjid dan 5 Mushollah di wilayah Rumbai dengan masing-masing masjid mendapat Rp25 juta.***(chir)