kapal tangkap cepat Inka Mina
kapal tangkap cepat Inka Mina

Bagan Siapiapi (SegmenNews.com)– Tahun ini, Pemerintah pusat memberikan bantuan enam unit kapal tangkap cepat Inka Mina. Bantuan diberikan pada kelompok nelayan pesisir di Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Demikian diungkapkan Kepala dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rohil Ali Asfar, dikonfirmasi, Jumat (11/7/2014).

Dikatakan, bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014, bagi nelayan atau calon penerima yang sudah terdaftar. Pihak Diskanlut sendiri telah melakukan survey dan verifikasi ke lapangan.

Ali menambahkan, bantuan serupa pernah diberikan beberapa tahun lalu pada kelompok nelayan di Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) dan di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko.

Adapun sasaran bantuan kapal itu ditujukan bagi nelayan tradisional, utamanya banyak di kawasan pesisir seperti kecamatan Palika, Bangko, Kubu dan Sinaboi.

Ia memperkirakan penerima kapal bantuan untuk nelayan di Kecamatan Sinaboi, Palika dan Bangko mendaptkan spesifikasi kapal yang cukup
besar, dengan mesin dan peralatan lebih canggih dibandingkan kapal nelayan tradisional memerlukan biaya operasional yang tinggi pula.

Untuk itu, mengantisipasi agar kapal tak difungsikan, dinas mempersilahkan nelayan utnuk menempuh kebijakan dengan adanya sistem bapak angkat.

“Memang untuk operasional ada keluhan dari nelayan, ketika mereka memakai boat kecil tak bisa ke tengah melaut, sekarang kalau Inka Mina kapalnya besar, bisa jauh melaut tapi keluhannya menyangkut biaya operasional yang besar, maka diambil sistem bapak angkat. Sehingga ada bantuan pendanaan untuk operasional dan mungkin mereka bisa bagi hasil,” terangnya.***(chir/kpr)