BI Pekanbaru (int)
BI Pekanbaru (int)

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Meskipun Bank Indonesia (BI) sudah menetapkan hari libur dan cuti bersama, namun perbankan juga diminta untuk menyiapkan stok uang tunai di ATM.

Seperti diungkapkan Pimpinan BI Pekanbaru, Mahdi Muhammad, Selasa (15/07/2014), stok uang bank umum di ATM seluruh perbankan harus diantisipasi agar tidak terjadi kekosongan.

BI juga meminta perbankan bisa memproyeksi isi ATMnya sampai dengan akhir lebaran, supaya jumlahnya harus cukup. Dari pecahan yang disediakan BI sebanyak Rp 4,8 triliun itu sudah diperhitungkan seluruh kebutuhan termasuk untuk ATM.

Di sisi lain, Mahdi menghimbauan kepada masyarakat agar sedapat mungkin tidak menggunakan uang tunai. Karena sudah banyak sarana transfer yang sudah disiapkan masing perbankan seperti SMS banking, internet banking, E-Money dan sebagainya.

“Sarana untuk transaksi non tunai itu sudah cukup banyak, sehingga transaksi tidak menggunakan uang tunai kalaupun kantor bank libur tidak ada masalah. Karena sistemnya 24 jam bekerja walaupun hari libur,” ujarnya.

Tapi untuk bank-bank yang menerima penebusan BBM ke Pertamina akan tetap dilayani untuk pembayaran SPBU.***(bertuah)