Pertempuran Pecah Dekat Jatuhnya MH17 (Foto:Reuters)
Pertempuran Pecah Dekat Jatuhnya MH17 (Foto:Reuters)

DONETSK (SegmenNews.com)– Pertempuran antara tentara Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia dilaporkan terjadi di Donetsk. Pertempuran tersebut merupakan yang pertama sejak pesawat MH17 jatuh di wilayah itu.

Dari keterangan kelompok separatis pro-Rusia, dalam pertempuran ini militer Ukraina mengerahkan empat tank. Tidak hanya itu, tentara Ukraina juga membawa kendaraan militer lainnya.

“Setidaknya ada empat tank dan beberapa kendaraan militer yang mencoba masuk ke kota,” ujar salah seorang milisi separatis pro-Rusia, Sergei Kavtaradze, seperti dikutip dari Reuters, Senin (21/7/2014).

Menanggapi tuduhan tersebut militer Ukraina segera angkat bicara. Mereka membenarkan adanya aktivitas militer di Donetsk, namun menolak berkomentar mengenai pengerahan pasukan ke pusat kota.

“Fase operasi antiteroris terus kami lanjutkan, tapi kami tidak mengumumkan adanya pergerakan dari tentara Ukraina,” sebut Juru Bicara Militer Ukraina Vladyslav Seleznyov.

Operasi militer yang dilakukan di Donetsk juga bertepatan dengan datangnya peninjau internasional asal Belanda. Mereka merupakan tim internasional pertama yang diizinkan masuk ke lokasi insiden MH17.

Seperti diketahui, bencana MH17 erat kaitannya dengan konflik keamanan di Ukraina. Pasalnya, jatuhnya pesawat jenis Boeing 777-200 tersebut diduga kuat karena terkena rudal kelompok separatis pro-Rusia.***

 
Red: hasran
Sumber: okezone