Para supir angkutan menjalani tes urin
Para supir angkutan menjalani tes urin

Pangakalan Kerinci (SegmenNews.com)– Guna mengatasi kasus kecelakaan yang diakibatkan kelalaian para sopir di jalan raya selama musim mudik Lebaran 1435 Hijriah. Para sopir angkutan barang dan penumpang mudik lebaran yang melintas di pangkalan Kerinci Pelalawan-Riau di tes urin.

Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Afrizal dan didampingi Koordinator Pengujian Kenderaan Dishub Pelalawan, H Mislan mengatakan tes urin tersebut mulai dilaksanakan, Senin (20/7) sore di Poskotis Km 55, Pangkalan Kerinci.

Tes urine tersebut sekaligus uji kelayakan kenderaan secara mendadak bagi para sopir dan armada angkutan lebaran di pintu masuk kota Pangkalan Kerinci langsung dipimpin Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Afrizal dan didampingi Koordinator Pengujian Kenderaan Dishub Pelalawan H Mislan.

Dengan melibatkan aparat kepolisian dari Satuan Lalulintas, Dinas Perhubungan dan Informasi (Dishubkominfo) kabupaten Pelalawan, Dinas Kesehatan, PT Jasa Raharja kabupaten Pelalawan yang di kerahkan ke lapangan. ”Seluruh supir baik orang dan barang kita periksa urine. Untuk memastikan para supir benar-benar dalam kondisi sehat saat membawa kenderaan mereka,” ujar Kasat Lantas.

Namun dikatakan Afrizal, dari puluhan supir yang menjalani tes urine tidak ditemukan adanya mengkomsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang. Hanya saja ditemukan kurang istirahat, hingga bagi yang memiliki supir serap dapat melanjutka perjalanan, sedangkan supir tunggal untuk istirahat sejenak.

Sementara para supir yang mengetahui ada razia mendadak sempat dibuat kaget, ketika kedua arah kenderaan di Jalan Lintas Timur, baik dari arah kota Pekanbaru maupun sebaliknya, dihentikan petugas kepolisian dan dinas perhubungan. ”Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memperkecil kecelakaan,” ungkap Kasat Lantas.

Kadishubkominfo Pelalawan T Ridwan Msi melalui Koordinator Pengujian Dishubkominfo Pelalawan H Mislan SH menuturkan pihaknya juga ikut meningkatkan pengawasan terhadap kenderaan yang mudik atau membawa barang. Maka pihaknya langsung melakukan pengecekan ke lapangan.

“Kita langsung turun melakukan pengecekan aspek perlengkapan kenderaan juga ikut diperiksa kelengkapan racun api, segi tiga pengaman, martil yang dapat dipergunakan apabila terjebal di dalam saat terjadi kecelakaan,” terang Mislan.

Ditambahkan Mislan, ditahun 2014 ini kecelakaan banyak terjadi disebabkan disiplin supir masih kurang, dan kelengkapan kurang. Untuk itu dihimpau baik pemilik dan supir harus melengkapi, terutama saat mudik lebaran.

”Kalau masih ada yang tidak melengkapi setelah diberi teguran akan kita tindak. Karena pemeriksaan akan rutin di laksanakan pada mudik lebaran di tiap poskotis,” tuturnya.***(arifin)