Foto Bubar BazRokan Hulu (SegmenNews.com)– Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau dan Amil Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Instansi Vertikal dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu gelar buka puasa bersama.

Kegiatan dilaksanakan, Selasa (22/7) di Sekretariat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebupatan Rokan Hulu Komplek Astaka Utama Purna MTQ Riau depan Islamic Centre Pasir Pengaraian.

Acara dihadiri Ketua Baznas Rokan Hulu, Ir.H. Sam Rikardo,M.Si, Pembina Baznas Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad Supardi,MA, Sekretaris Baznas H. Elfaliman,S.Ag dan pengurus Baznas beserta para amil UPZ tersebut.

Dalam sambutanya Ketua Baznas Kab.Rokan Hulu, Ir.H. Sam Rikardo,M.Si mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap para pengurus Amil UPZ Instansi Vertikal dan SKPD dilingkungan Pemkab Rokan Hulu yang telah melakukan pengumpulan zakat.

Sam mengakui sebetulnya masih cukup besar potensi zakat yang belum terkumpul oleh UPZ baik di instansi Vertikal maupun di SKPD dilingkungan Pemkab Rokan Hulu. Meski demikian Sam tetap optimis para petugas UPZ atau Amil di setiap SKPD dan Instansi Vertikal tersebut bisa lebih maksimal lagi dalam upaya pengumpulan.

Selanjutnya, untuk tahun 2014 ini Sam bersama pengurus Baznas Rokan Hulu bertekat dan berupaya lebih mkasimal lagi dalam pengumpulan zakat dengan cara membentuk UPZ di perusahaan, kecamatan dan desa. Sehingga dengan demikian potensi zakat yang ada ditengah masyarakat Rokan Hulu akan terkumpul dan terkelola dengan baik.

Pada kesempatan buka puasa bersama tersebut juga dilakukan penyerahan bagian 1/16 amil zakat instansi vertical dan SKPD di lingkungan Pemkab Rokan Hulu. Pada tahun ini 1/16 diserahkan kepada 38 amil UPZ dengan rincian penerimaan bervariasi.

‘’Pembagian 1/16 amil UPZ berpariasi, tergantung jumlah pengumpulan yang dilakukan. Ini kita serahkan kepada Amil UPZ selaku salahsatu asnaf yang berhak menerimanya,’’ujar Sam Rikardo.

Sam juga menegaskan, penerimaan 1/16 amil UPZ tersebut bukanlah peruntukan perorangan, melainkan untuk dibagi bersama pengurus amil di UPZ instansi Vertikal dan SKPD masing-masing.’’Kita harapkan semua amil di UPZ dapat bagian secara proporsional dan merata, sehingga bagian 1/16 amil ini betul-betul tepat sasaran,’’imbuhnya.

Terkait kegiatan buka puasa bersama, Sam mengatakan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Sebelum berbuka bersama acara diisi dengan tausyiah yang disampaikan Al Ustadz H. Abdurrahman Jailani,S.Ag, M.Sy yang juga Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambah.(rls)