Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Hari pertama masuk kantor, setelah selesai libur panjang, cuti bersama, dan merayakan Idul Fitri 1435 H/2014 M, maka Kemenag Rohul, laksanakan Halal bi Halal, sambil bermaaf-maafan antara satu sama yang lain, sekaligus meningkatkan hubungan shilaturrahim, Senin (4/8/2014) bertempat di aula Kemenag Rohul Kota Pasir Pengaraian.

Hadir dalam acara tersebut Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Kasubag Tata Usaha Drs H Zulkifli Syarif MPdI, para Kasi, para Pengawas Madrasah dan Sekolah, Kepala MAN Pasir Pengaraian, Kepala MTsN Rambah, Ujungbatu, Kota Tengah, Dalu-Dalu, Kepala MIN Pasir Pengaraian, Pasir Agung, Kepala KUA se Rohul, Pegawai Kemenag Rohul, dan Darma Wanita Kemenag Rohul.

Ahmad Supardi Hasibuan dalam sambutan pengarahannya menyatakan, Halal bi Halal adalah tradisi kreatif yang disetting dengan baik oleh para pendahulu kita, yang dimaksudkan untuk shilaturrahim antara satu sama yang lain, sekaligus saling maaf memaafkan antara santu sama yang lain, sehingga terbebas dari hubungan negative.

Dikatakannya, umat manusia, termasuk di dalamnya pegawai Kemenag Rohul, dalam hubungan sehari-hari, pastilah ada kesalahan yang diperbuat, baik akibat salah maupun lupa, sehingga menimbulkan hubungan tidak baik dengan sesama, maka melalui Halal bi Halal ini, dijadikan sebagai momen untuk saling memafkan.

Ketika ditanya tentang makna dan tujuan Halal bi Halal, Ahmad Supardi yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kemenag Riau ini, menyatakan bahwa tujuan dari Halal bi Halal adalah untuk menjalin hubungan shilaturrahim, meminta maaf dan memaafkan antar sesame, dan menimbulkan semangat dan kerjasama baru dalam melaksanakan tugas-tugas di kantor.

Menurutnya lagi, untuk menjalin hubungan baik anatar sesama, Kakan Kemenag menyetir pendapat seorang Ulama besar Ibnu Hajar al-Asqolani, yang menyatakan sebagai berikut : Pertama, jika ada kebaikan kita kepada orang lain maka lupakanlah, sebab jika kita ingat terus maka akan menimbulkan ria dan bahkan meminta balasan.

Kedua, jika ada kebaikan orang lain kepada kita maka ingat-ingatlah selalu, sebab kita perlu membalas kebaikannya, sekaligus menyadarkan diri kita bahwa ternyata dalam hidup dan kehidupan ini, kita tidak bisa sendiri, kita perlu bantuan orang lain.

Ketiga, jika ada kejahatan kita kepada orang lain maka ingat-ingatlah selalu, sehingga kita tidak mengulanginya dan bahkan bertaubat dan meminta maaf kepadanya. Keempat, jika ada kejahatan orang lain kepada kita maka lupakanlah, sehingga kita bisa memaafkannya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Pasir Pengaraian Drs H Ahmad Musa MH yang didaulat sebagai penceramah menyatakan, Halal bi Halal adalah bahagian dari shilaturrahim yang harus terus dilaksanakan oleh umat islam, sebab shilaturrahim sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW, akan menambah rezeki dan memanjangkan umur.***(Ash)