bibit bakau (net)
bibit bakau (net)

Bengkalis (SegmenNews.com) – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkalis tahun ini akan menyalurkan bibit bakau jenis api-api kepada 13 kelompok yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Rencananya, dalam penyaluran ini pihak Dinas Perikanan dan kelautan setidaknya akan menyalurkan sekitar 80 ribu bibit perkelompoknya. Disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Amril melalui Kepala Bidang Pesisir dan Pulau- Pulau Kecil Ansor diruang kerjanya bahwa penyalurkan Bibit Bakau yang merupakan program Dinas Perikanan dan kelautan tahun 2014 tersebut merupakan bentuk pengadaan swakelola yang diberikan kepada 13 kelompok yang ada di 5 kecamatan di Kabupaten Bengkalis.

“Seperti di Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Rupat dan Rupat Utara yang bibit- bibit itu disalurkan untuk ditanam dipesisir laut yang menjadi area kelompok penerima bibit tersebut, serta program ini juga sebagai bentuk untuk meminimalisir abrasi yang terjadi di Kabupaten Bengkalis, ” ujar Ansor, Rabu (6/8/14).

Dikatakannya, setelah penyaluran tersebut, dalam 2- 3 tahun kedepan, Pihak Diskanlut akan terus memonitoring perkembangan dari penyaluran bibit, dan yang dikira berhasil mengelola bibit bakau jenis api- api itu akan mendapatkan reword dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Diskanlut berupa Rp 150 juta.
“Yang berhasil mengelola bibit ini dengan baik, akan kita berikan reword sebesar Rp 150 juta. Tetapi reword ini akan kita salurkan dalam bentuk barang, bisa sarana dan prasana tergantung permintaan kelompok yang mendapatkan reword,” terang Ansor.

Setelah bibit tersalurkan, lanjut Ansor, dilakukan pembinaan dalam jangka 2-3 tahun dan yang terbaik mendapat reword baru kelompok- kelompok ini dilepas agar bisa Mandiri.***(wan/ur)