net
net

PEKANBARU (SegmenNews.com) – Pada tahun anggaran 2014 ini, Disbun Riau memberikan bantuan peremajaan terhadap lahan petani yang tergolong kritis.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs. H. Zulher MS, akhir pekan lalu menyebutkan di Mandah ada dua kelompok tani (poktan) yaitu Poktan Tunas Muda dan Poktan Furmula. Keduanya mendapat bantuan bibit kelapa, pestisida, herbisida, upah pembersihan dan juga tenaga pendamping.

“Anggaran yang dikelola oleh Disbun Riau terbatas. Untuk itu tidak semua petani dan lahan akan dibantu. Disbun Riau membantu peremajaan kebun kelapa warga ini dengan harapan poktan yang menerima bantuan tersebut dapat menjadi contoh dan penggerak bagi petani yang lainnya dalam hal peremajaan,” harap Zulher.

Ketua Poktan Tunas Muda Mandah, M. Tahir, dalam sambutannya menyambut gembira bahwa komoditas kelapa di Mandah diperhatikan Disbun Riau. Untuk itu, dalam waktu dia akan mengkoordinasikan dengan anggota kelompoknya agar melakukan penebangan terhadap lahan yang mereka miliki.

“Tadi sudah diminta oleh Kadisbun Riau kepada kami untuk melakukan penebangan pohon kelapa dan pembersihan lahan. Insya Allah, kami akan berusaha maksimal bahwa peremajaan yang kami lakukan dapat menjadi contoh bagi peremajaan-peremajaan kebun kelapa petani yang lainnya,” ujar Tahir.

Pemberian bantuan ini merupakan wujud komitmen Dinas Perkebunan Riau untuk membantu peremejaan (replanting) kebun kelapa petani di Inhil.***(bertuah)