PEKANBARU (SegmenNews.com)- Setelah sukses menyelenggarakan lelang jabatan Lurah, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, berwacana akan melelang jabatan lainnya seperti Camat dan SKPD bidang pelayanan langsung.

Karena menurut Wako, lelang ini untuk merekrut tenaga skil yang berjiwa pelayanan selain m enyikapi kinerja para pelayan selama ini termasuk Lurah,Camat dan SKPD tertentu yang berhubungan langsung dengan pelayanan masih kurang maksimal dan terkesan masih harus di perintah baru bekerja.

Walikota Firdaus, Rabu (13/8) mengakui, bahwa selama masa kepemimpinannya menjadi Walikota dirinya senantiasa mengamati para stafnya terkhusus yang di letakkan di bidang pelayanan. Dirinya mengaku masih banyak memang didapi yang bekerja hanya berdasarkan perintah tidak berdasarkan tupoksi. Sehingga tidak jarang pencapaian target kerja yang sudah disepakati sering gagal bahkan butuh waktu perpanjangan. Salah satu Contohnya tugas pendataan penduduk miskin se Kelurahan yang sejak tahun 2013 di embankan bagi para Lurah dan Camat hingga kini tidak juga tuntas .

Sementara diketahui data kemiskinan sangat dibutuhkan untuk akurasi dalam menyalurkan berbagai program dan skim di pemerintah.

Tumpang tindih data dan ketidak akuratan data yang di jadikan acuan selama ini atas dasar data BPS di akui Walikota belum yang sebenarnya makanya tidak jarang terjadi masalah dilapangan seperti penyaluran raskin,kesehatan dan skim lainnya .

Terkait evaluasi kinerja daikuinya akan melakukan lelang jabatan lagi buat jabatan selain Lurah hingga SKPD .

“Makanya pertimbangan kita akan bergerak dari Lurah, camat, dan beberapa SKPD yang bersentuhan dengan pelayanan. Kita akan buka lelang kompetensi. Siapa yang berminat secara terbuka akan kita buka lowongannya,” terangnya.

Menurut Wako tugas pelayanan sangat berbeda dari staf biasa perlu ada kompetensi tersendiri.

“Ternyata kalau hanya kita saja menugaskan mereka ternyata tidak berhasil,” tegasnya.***(ur)