Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

ROKAN HULU (SegmenNews.com)- Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kab Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Elfalisman SAg, mengatakan bahwa 249 Jamaah Calon Haji (JCH) akan diberangkatkan dari Kota Pasir Pengaraian menuju Kota Batam pada tanggal 4 September 2014 dan berangkat dari Batam menuju Arab Saudi tanggal 5 September 2014.

Demikian disampaikannya kepada wartawan di kantornya, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Kota Pasir Pengaraian, Kamis (14/8/2014). Dikatakannya, JCH Rohul tergabung dalam kloter V (Lima), bersama dengan 178 JCH Inhu, dan 18 JCH Kota Pekanbaru. Ketiga JCH kab/kota ini akan bertemu dan berkumpul jadi satu di Kota Batam.

“Mengingat bahwa JCH kita (Rohul) tidak cukup satu kloter penuh (satu kloter 450 JCH), maka terpaksa kita bergabung dengan JCH kab/kota lainnya, yaitu Inhu dan Kota Pekanbaru, sehingga mencukupi satu kloter. Penggabungan ini adalah hal yang biasa, sebab pesawat harus terisi penuh,” tegas Ahmad Supardi.

Dikatakannya, saat ini seluruh JCH Rohul telah siap untuk berangkat menunaikan ibadah haji, baik secara fisik maupun non fisik. Namun demikian, masih ada beberapa kegiatan yang harus diikuti oleh JCH, yaitu pemeriksaan tahap kedua yang telah berlangsung dari kemaren (Selasa) sampai hari ini (hari Kamis).

Setelah pemeriksaan kesehatan selesai, maka akan dilanjutkan dengan pemantapan manasik haji tingkat Kabupaten pada tanggal 19 s/d 21 Agustus 2014, bertempat di Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Kota Pasir Pengaraian. Ini sifatnya pemantapan sebab para JCH telah mengikuti manasik haji tingkat Kecamatan sebanyak 7 putaran, tegas Ahmad Supardi.

Menurut Ahmad Supardi lagi, jika manasik haji tingkat kabupaten Rohul telah dilaksanakan dan atau telah diikuti, maka para JCH tinggal mempersiapkan barang yang akan dibawa ke tanah suci seperti pakaian secukupnya, pakaian ihram, syukuran, pamit kepada keluarga, meminta maaf atas segala kesalahan, dan jika punya hutang supaya dibayarkan segera.

Ahmad Supardi menjelaskan bahwa JCH Rohul berangkat menuju Arab Saudi dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Air Lines, sedangkan pesawat dari Kota Pasir Pengaraian menuju Batam, saat ini masih tahap negosiasi akhir antara Bupati Rohul yang diwakili oleh Kadis Perhubungan dengan pihak penerbangan.

“Saya berharap agar negosiasi pesawat ini segera dapat diselesaikan, sehingga dapat ditentukan besaran biaya domestic yang harus ditanggung oleh JCH dan segera mendapatkan kepastian tentang pesawat pengangkut domestic”, harap Ahmad Supardi.***(r4n/rla)