cpnsJAKARTA (SegmenNews.com)– Lowongan CPNS 2014 yang segera dibuka pemerintah juga membuka peluang pelamar dengan jenjang pendidikan minimal lulusan sekolah menengah atas (SMA).

Adapun jenjang formasi yang disediakan adalah jabatan-jabatan fungsional dan posisi-posisi lapangan lainnya.

Para pelamar lulusan SMA dan sederajat yang akan tetap mendapatkan kesempatan untuk meraih kursi dengan kuota mendekati 5 % dari total lowongan yang ada. Sedangkan Lowongan CPNS 2014 untuk 100.000 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Dari jumah itu sedikitnya 65.000 untuk CPNS sedangkan sisanya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan untuk daerah-daerah terpencil, terluar, dan tertinggal para pelamar lulusan SMA bisa mendapat kesempatan.

Meski demikian, KemenPAN-RB tetap memberikan penekanan bahwa peluang ini dikhususkan bagi lulusan SMA yang memiliki keahlian.

Formasi yang diperuntukkan bagi para pelamar lulusan SMA adalah jabatan-jabatan fungsional seperti penjaga mercusuar, sipir, anak buah kapal, pencatat deteksi gunung berapi, pencatat deteksi gempa, dan posisi-posisi lapangan lainnya. Peluang para pelamar SMA untuk mendapatkan posisi tenaga administrasi hampir sulit diberikan.

Maka dari itu, tidak semua instansi akan membuat formasi untuk lulusan SMA. Instansi yang akan membuat formasi ini adalah instansi yang memang membutuhkan formasi pegawai lapangan. Hal ini dilakukan karena KemenPAN-RB menghindari membuat kebijakan peningkatan kompetensi untuk lulusan SMA.

Panitia Seleksi (Pansel) CPNS 2014 telah mengumumkan jadwal resmi penerimaan CPNS 2014. Nantinya calon peserta dapat mengakses informasi lengkap lowongan CPNS 2014 mulai tanggal 20 Agustus 2014. Tanggal yang sama instansi terkait akan membuka pendaftaran.

Sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran CPNS pendaftaran dilakukan secara online atau sistem single entry melalui portal Panselnas. “Semua istansi pemerintah dapat dilamar melalui sistem ini,” jelas Menteri PANRB Azwar Abubakar.

Walaupun pendaftaran hanya dua minggu, namun masyarakat tidak perlu repot mengurus kartu kuning, SKCK, dan surat keterangan sehat yang terkadang memakan waktu lama. Persyaratan administratif itu diperlukan ketika pelamar sudah dinyatakan diterima.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN RB Suwardi mengingatkan agar masyarakat dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar sebagai CPNS.***(den/Kabar24)