beasiswaPELALAWAN (SegmenNews.com)– Pelaksaan menciptakan Pelalawan cerdas di Kabupaten Pelalawan sesuai visi misi dengan menciptakan SDM manusia yang cerdas dengan membangun salah satu perguruan tinggi yang siap bersaing ditingkat nasional maupun internasional Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P).

Kepala Bappeda Pelalawan Syahrul, menuturkan sebanyak 20 orang mahasiswa di kuliahkan diambil dari 12 kecamatan se-kabupaten Pelalawan yang sebelumnya dilakukan seleksi salah satunya dari Suku Akit Kuala Kampar.

“Orientasi ini kita gelar untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa untuk mengetahui segala sesuatu tentang Teknopolitan. Mahasiswa ini kuliah di UIR dibiayai oleh yayasan Amanah Pelalawan, dan jika nantinya jika Izin ST2P keluar, maka para mahasiswa ini akan kuliah di ST2P,” ujarnya.

Saat ini Pemkab masih mengurus perizinan kampus ST2P sementara yang terletak di kampus AKNP Pelalawan. Pembangunan gedung berlantai empat 4 masih tersebut masih tahap proses pekerjaan multiyear akan mulai akan dibangun tahun 2014. Sebelum rampung para mahasiswa akan ditampung di kampus AKNP Pelalawan. Berharap pembangunan yang direncanakan oleh pemkab bisa terwujud dan putra putri Pelalawan mau bergabung di kampus ST2P.

Hal yang sama juga disampaikan, Bupati Pelalawan HM Harris juga mengatakan, walaupun izin belum keluar, mahasiswa akan bergabung oleh UIR. Saat ini perlengkapan persyaratan sudah lengkap, usai tugas 17 Agustus pemkab akan jemput bola. Untuk masalah pembangunan Pemkab Pelalawan akan suport pendanaan selama 5 tahun, setelah 5 tahun kampus akan mandiri lagi.

Kendala belum keluar izin kampus ST2P saat ini, menurut Bupati banyak perguruan tinggi yang mendapatkan izin dari Dikti (Moratorium-red), namun kenyataannya perguruan tinggi ini tidak berjalan atau tidak beroperasi secara maksimal.

“Dengan permasalahan tersebut, maka kita dari Pelalawan menjadi imbasnya pengurusan izin ST2P tersebut. Namun demikian akan berkoordinasi dengan Dikti untuk menyelesaikan kendala tersebut menjemput bola,” ungkapnya.(fin)