Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

ROKAN HULU (SegmenNews.com)- Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kab Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Elfalisman SAg, mengatakan bahwa penerbangan domestik Jamaah Calon Haji (JCH) Kab Rohul, dari Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian menuju Bandara Hang Nadim Kota Batam, Pulang-Pergi (PP), menggunakan pesawat Nusantara Air, Milik HM Jusuf Kalla (JK).

Demikian disampaikannya kepada wartawan di kantornya, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Kota Pasir Pengaraian, Selasa (20/8/2014). Dikatakannya, kepastian pesawat ini setelah pihaknya bersama Pemkab Rohul, melakukan negosiasi dan kesepakatan dengan Direktur Utama Nusantara Air kemaren (Senin, 19/8/2014) di Jakarta.

Hadir dalam negosiasi dan pengambilan kesepakatan tersebut adalah Asisten Dua H Syaiful Bahri S Sos MSi, Kadis Perhubungan H Zulkarnain bersama dengan Kabid Perhubungan Udara, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Kabag Hukum Helfiskar SH MH beserta staf, dan Kabag Kesra H Fathanalia Putera SSTIP MSi.

Ahmad Supardi mengatakan, bahwa pihaknya beserta pejabat tersebut di atas, telah melihat secara langsung pesawat yang akan digunakan untuk memberangkatkan JCH Rohul. “Kondisinya cukup bagus, kapasitasnya 86 orang per penerbangan, dan biasa dicharter oleh perusahaan-perusahaan besar,” jelasnya.

Ahmad Supardi lebih lanjut mengatakan, dengan ditetapkannya pesawat domestic haji Rohul ini, maka persiapan pemberangkatan JCH Rohul untuk menunaikan ibadah haji, sudah hampir rampung, tinggal melakukan pemantapan manasik haji tingkat kabupaten, yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 24 Agustus 2014 di Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Kota Pasir Pengaraian.

Dikatakannya, JCH Rohul sebanyak 249 orang, terdiri dari 110 Pria dan 139 Wanita, yang tertua adalah Nur Samsu Binti Darwis, alamat Desa Koto Tinggi Kec Rambah, umur 79 tahun. Sedangkan yang paling muda, umur 22 tahun atas nama Nadya Vinandari Binti Hasnan, alamat Jalan Riau Pasir Pengaraian Kec Rambah.

Ahmad Supardi menambahkan bahwa 249 JCH Rohul tergabung dalam kloter V (Lima), bersama dengan 178 JCH Inhu, dan 18 JCH Kota Pekanbaru. Ketiga JCH kab/kota ini akan bertemu dan berkumpul jadi satu di Kota Batam. Penggabungan ini dilakukan, karena JCH Rohul tidak cukup satu kloter penuh (Satu Kloter Penuh 450 JCH).

Menurut Ahmad Supardi lagi, para JCH akan diterbangkan menuju Kota Batam pada tanggal 4 September 2014 yang dibagi kepada tiga kali penerbangan, masing-masing penerbangan domestik sebanyak 83 JCH, baik pada waktu pemberangkatan maupun pada waktu pemulangan. ***(acce/rls)