Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi membuka Manasik haji terkahir yang diikuti oleh 249 orang JCH di masjid Agung Madani Islamic Center PasirPangaraian
Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi membuka Manasik haji terkahir yang diikuti oleh 249 orang JCH di masjid Agung Madani Islamic Center PasirPangaraian

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi membuka Manasik haji terkahir yang diikuti oleh 249 orang JCH, yang terdiri dari 110 Pria dan 139 Wanita bertempat di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian, Jumat (22/8/2014).

Bupati Rohul menyampaikan pesan-pesan kepada JCH Rohul tersebut yakni, pertama jangan terbebani dengan buku manasik haji, laksanan ibadah dengan sebaik mungkin, apalagi yang sudah tua-tua sangat kesulitan jika terus berpatokan dengan buku panduan.

” Kadang mata sudah berair, mau membaca buku lagi, tapi usahakanlah jangan gara-gara yang sunat, tinggal ibadah wajib,” ujarnya.

Kedua, jaga kesehatan, sebab ibadah haji itu 80 persen termasuk pekerjaan fisik, karena 7 sampai 8 jam JCH harus menaiki bus. ” Aturlah pola makan janganlah berlebihan makan, konsumsi makan yang seehat, istirahat yang cukup, jaga fikiran dan lainnya,” ucapnya.

Ketiga, JCH ini mewakili Rohul di tanah haram, jadi duta negeri ini di makkah, jadi para tamu-tamu Allah supaya bisa menjaga nama baik Rohul. ” Karena negeri kita Negeri Seribu Suluk, Negeri Berdizikir, orang yang waraq,” tuturnya.

Keempat, jaga ke kompakan antar jamaah, jangan gara-gara persoalan yang sedikit di antara jemaah tidak saling tegur sapa, tadi tetap kompak.

Kelima, setelah sampai di makkah supaya mendoakan negeri ini, apalagi jika nanti sampai di tempat-tempat keramat supaya mendoakan Rohul, termasuk masyarakat lainnya bisa naik haji dan negeri ini dapat baldatun toyibah warobbun ghofur.

Tambah Bupati Rohul, meski ini agenda rutinitas pemkab tiap tahunnya, tapi bagi jcH ini tidak rutin, karena cuma satu seumur hidup melaksanakaan ibadah ini. Masih di tempat yang sama, Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, mengatakan kalau secara prinsip persiapan keberangkatan JCH sudah 100 persen.

” Manasik ini dilaksanakan selama tiga hari, hari pertama berisikan teori penuh, hari kedua parktek dan ketiga tinggal penyempurnaan pelaksanaan saja,” kata Hasibuan.

Dalam kesempatan, selain dihadiri seluruh JCH Rohul turut hadir Azwar Aziz, Mantan Ketua Umum IPHI Provinsi Riau juga sebagai dewan penasehat Himpunan Keluarga Rohul (HKR).***(adv/hum)