Gubernur Riau H Anas Maamun bersama Walikota Pekanbaru H Firadus, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Sekdako HM Syukri Harto, serta Forkopinda, menenkan tombol sirine pembukaan MTQ ke 47 tahun 2014. (foto humas)
Gubernur Riau H Anas Maamun bersama Walikota Pekanbaru H Firadus, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Sekdako HM Syukri Harto, serta Forkopinda, menenkan tombol sirine pembukaan MTQ ke 47 tahun 2014. (foto humas)

PEKANBARU (SegmenNews.com)– Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat kota pekanbaru berlangsung meriah dan spektakuler. Kerlap kerlip cahaya lampu
menambah kemeriahan acara pembukaan di masjid Agung Annur, Pekanbaru, Jumat (22/08/2014) malam.

Masyarakat begitu antusias mengikuti pembukaan MTQ ke 47 yang dihadiri oleh Walikota Pekanbaru, H.Firdaus MT, Gubernur Riau H.Annas Maamun serta Qori Internasional H. Mukmin Ainul Mubarok.

Sebanyak 30 stand menampilkan hasil karya masyarakat Kota Pekanbaru mulai dari bahan makanan, sandang dan pernak pernik menarik seperti, pin untuk jilbab, kalung hingga batu cincin.

Pihak Kepolisian juga turut membantu sukses acara pembukaan MTQ ke 47 tingkat kota pekanbaru tersebut. Sebanyak 15 anggota satlantas Polresta Pekanbaru mengamankan lalulintas di sekitaran masjid Agung Annur agar para pengguna jalan aman dan nyaman.

Melalui MTQ ini, Gubernur Riau, Anas Maamun berharap dapat memotivasi para generasi muda untuk mencintai Alquran. Ia mengaku khawatir banyak generasi muda yang tidak pandai baca Alquran. Dikesempatan itu juga Gubri berjanji akan menyalurkan sebanyak 300 alqur’an kekecamatan untuk dibagikan kemasyarakat.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus, MT menyapaikan, Alquran bukan sekedar dibaca dan memperlombakan, melainkan harus juga dipelajari, dipahami serta mengamalkannya isinya dalam kehidupan sehari-hari. Dia berharap Pekanbaru bakal jadi Kota metropolitan yang madani.

“Inilah akan membentuk insan qurani dan dapat mewujudkan Visi Kota mewujudkan Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani,” katanya.

Walikota juga mengimbau masyarakat meramaikan kegiatan ini, sehingga syiar Islam bergema Pekanbaru. “Mari anak-anak yang menjadi peserta MTQ berjuanglah menampilkan kemampuan sebaiknya, sehingga apa yang didapat sesuai dengan kemampuan sendiri,” imbaunya.

Warga Arengka, Sani (30) kepada SegmenNews.com mengaku bangga dengan pemimpin kota Pekanbaru yang terus menggelar MTQ, apalagi melihat kemegahan dan kemeriahan acara tersebut. Baginya acara MTQ ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat kota Pekanbaru.***(chir)