Jokowi (viva)
Jokowi (viva)

JAKARTA (SegmenNews.com)– Presiden terpilih, Joko Widodo mengatakan sedang beradaptasi dengan sistem pengamanan kepresidenan di bawah Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Mulai dari cara berpakaian hingga sistem pengamanan saat blusukan dan bertemu para wartawan.

Untuk pakaian, ia mengatakan ingin menggunakan kemeja putih saat bertugas di Istana. “Saya mau pakai kemeja putih. Saya lagi desain sendiri,” kata Jokowi sambil tertawa di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Minggu 24 Agustus 2014.

Menurutnya, kemeja putih telah menjadi ciri khasnya selama ini. Ia juga menyebut alasan lain mengapa ingin menggunakan kemeja putih. “Alasan lainnya murah,” tambah dia.

Namun, untuk acara kenegaraan yang bersifat internasional, ia kemungkinan tidak akan menggunakan kemeja putih, tetapi batik atau jas. “Khusus event internasional saja pakai batik dan jas. Pokoknya ada yang simbolkan bangsa ini,” jelas dia.
Terkait kendaraan yang akan digunakan, Gubernur DKI Jakarta ini juga masih belum bisa memastikan. Apakah akan menggunakan kendaraan jenis
Mercedes-Benz atau mobil lainnya.

“Ini kan baru mencoba seperti apa pakai Mercy, lalu pakai Kijang. Kalau dipakai berhenti di pasar seperti apa. Kalau traktir kamu (para wartawan) juga nanti seperti apa,” katanya.
Para awak media juga mempertanyakan apakah nantinya masih mudah melakukan konfirmasi seperti selama ini atau tidak. Namun, Jokowi belum bisa memastikan hal tersebut.

“Wah boleh apa nggak tanya protokoler,” ujarnya sambil bertanya pada seorang Paspampres yang berada di sisinya.

Paspampres yang menggunakan jas hitam dan berada di sisinya hanya tersenyum menjawab pertanyaan Jokowi singkat. “Bisa pak,”ucap salah satu anggota Paspampres.***

 
Red: achir
Sumber: © VIVA.co.id