Walikota didampingi Kakemenag menyalami para jemaah calon haji Pekanbaru.(foto humas)
Walikota didampingi Kakemenag menyalami para jemaah calon haji Pekanbaru.(foto humas)

PEKANBARU (SegmenNews.com)– Walikota Pekanbaru Firdaus MT berpesan kepada seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) Pekanbaru untuk selalu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan seperti menjaga kebugaran tubuh serta menjaga pola makan untuk menghadapi pelaksanaan haji nantinya di tanah suci Makkatul Mukarromah dan Madinatul Munawaarah.

Hal itu diungkapkan Walikota dalam pengarahannya dihadapan ratusan JCH Pekanbaru, saat membuka dengan resmi manasik jemaah calon haji (JCH) se-Kota Pekanbaru yang digelar, Sabtu (23/8/14) di Masjid Agung An Nur Pekanbaru, dengan dihadiri oleh Kepala Kemenag Edwar S Umar, Kadis Pendidikan Sulfadil, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.

Walikota menjelaksan bahwa ibadah jaji adalah ibadah pisik, dimana seluruh rangkaian kegiata di tanah suci memerlukan tenaga dan pisik yang kuat, maka untuk itu dari awal para calon haji harus telah mempersiapkan diri secara pisik dan mental.

Ibadah haji adalah rukun Islam yang kelima dari 5 rukun Islam, dan hanya diwajibkan bagi orang yang mampu. Mampu di sini memiliki arti yang sangat universal yaitu mampu secara financial atau biaya, mampu secara pisikis, dan mampu secara mental dan pengetahuan. Dan kekuatan fisik adalah kekuatan yang sangat menonjol dalam pelaksanaan haji nantinya, maka kami berharap agar seluruh jemaah calon haji selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh,’’ ulas Walikota. (Chir/rls)