Pemko memberikan sambutan BPJS
Pemko memberikan sambutan BPJS

PEKANBARU (SegmenNews.com)- Untuk mensukseskan program kesehatan Pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Walikota Pekanbaru Firdaus MT, meminta para Camat hingga Lurah menjadi pioner yang mempromosikan program BPJS ke masyarakat.

HAl itu disampaikan Walikota pada acara Sosialisasi tentang BPJS Kesehatan untuk PNS dan pegawai pemerintah non pegawai negeri di lingkungan Pemerintah kota Pekanbaru tahun 2014, Dia mengatakan, Untuk membangun masyarakat yang kuat harus sehat, didalam tubuh yang sehat terdapat otak yang waras

Terdapat 3 cara mencapai ini, pertama mengajak masyarakat memahami atau promosi, mengimplementasikan atau prepentif, pengobatan atau kuratif. “Kuratif bukanlah strategi yang tepat untuk karena mahal ,tetapi yang tepat adalah promotif dan prepentif,”ujar Wako.

Karena itu, lanjutnya, Lurah dan Camat juga diingatkan melakukan dua strategi promotif dan prepentif,meski sejauh ini kecendrungan masih kuratif.

“Kita minta Camat promosikanlah agar masyarakat mau masuk BPJS.
Lurah dan Camat tidak saja peserta tetapi juga di beri tugas memberi pemahaman dan juga menjadi kolektor BPJS mandiri. Bagi yang mandiri langsung mendaftar melalui lurah,” sarannya.

Wako juga mengingatkan Bagi rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS akan diawasi pemerintah. jika ditemukan dilapangan bisa ditinjau kerjasamanya dan diputus

Mairianto, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Propinsi Riau, mengatakan, terhitung1januari 2014 askes persero berobah menjadi BPJS oleh president RI .

“Tujuan dilakukannya sosialisasi ini agar setiap skpd menjadi corong pengenalan BPJS ke staf dan semua PNS dilingkungan,” tandasnya.***(ur)