penipuanPEKANBARU (SegmenNews.com)- Pengusaha makanan Mbok Biyah di Pekanbaru menjadi korban penipuan sebesar Rp75 juta. Korbannya yakni, Erman Sari (70) Warga Jalan Air Dingin Gang Takwa Lima No 58 Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukitraya.

Saat ditemui Wartawan, korban usai membuat laporan di Mapolresta Pekanbaru, Rabu (27/8/14) siang mengatakan, Pada awalnya pelaku, M.Irvan datang kerumah makan mbok bijah, yang bertujuan untuk menawarkan kerja sama untuk membuka usaha rumah makan.

Korban mengaku tidak mengenal pelaku, katanya pelaku tersebut datang menawarkan kerjasama. Kedatangannya yang pertama itu langsung mengajak kerja sama buka rumah makan. Saat itu spontan korban menolak. Tapi saat kedatangan kedua kalinya tanggal (15/7/14), pelaku mengaku anggota Persatuan Islam Tinghoa Indonesia (PITI), dan meminta uang Rp 6 juta.

“Perasaan saya kayak di Hipnotis sama pelaku, tidak habis pikir saya, pelaku minta duit langsung saya berikan,” jelasnya.

Kejadian tersebut terus berulang hingga empat kali, korban selalu mengikuti permintaan pelaku untuk menyerahkan sejumlah uang. Sehingga total kerugian korban mencapai Rp 75 juta.

Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Robert Haryanto W H, melalui Kanit Reskrim Kompol Hariwiyawan Harun, S.IK kepada wartawan membenarkan kejadian tersebut.

“Ya, kita sudah terima laporan korban dan kita akan selidiki dengan mengumpulkan keterangan dari para saksi,” katanya.***(Chir)