Kabag PKBL PTPN V Jabir S.Sos MSi menyerahkan bantuan dana kemitraan kepada 23 UKM Kota Pekanbaru
Kabag PKBL PTPN V Jabir S.Sos MSi menyerahkan bantuan dana kemitraan kepada 23 UKM Kota Pekanbaru

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Sebanyak 23 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Pekanbaru menerima pinjaman modal kerja dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN V (Persero). Sedikitnya 535 juta telah digelontorkan PTPN V .

Kabag PKBL PTPN V Pekanbaru, Jabir, S.Sos, M.Si, Jabir dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Kemitraan PTPN V dilaksanakan sebagai bentuk dukungan atas Program Kementerian BUMN dengan Usaha Kecil.

“Pada pasal 9 Permen BUMN No. Per-08/MBU/2013, disebutkan dana kemitraan bersumber dari anggaran Perusahaan yang diperhitungkan sebagai biaya, maksimal 2 % dari laba bersih tahun sebelumnya,” ujar Jabir baru-baru ini.

“Maka, melalui pemanfaatan dana BUMN tentunya kita berharap unit usaha kecil yang menerima dana kemitraan, dapat meningkatkan kemampuannya sehingga kemudian akan tumbuh UKM yang tangguh dan mandiri”, tegasnya lagi.

Lebih jauh lagi, Jabir juga menjelaskan apa yang sudah diberikan terkait sumbangsih tanggung jawab social Perusahaan BUMN Perkebunan di Propinsi Riau itu terhadap usaha kecil yang ada di Riau.

“Sampai dengan saat ini, pinjaman program Kemitraan PTPN V yang telah disalurkan di kabupaten kota yang ada Provinsi Riau sudah mencapai Rp.65.911.229.000,- untuk 3.501org/UKM. Khusus untuk kota Pekanbaru sampai dengan saat ini adalah sebesar lebih dari Rp16 milyar yang diberikan kepada 889 org/UKM,” urainya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Diuraikan juga olehnya, selain memberikan dana kemitraan, untuk Program Bina Lingkungan (hibah) dana yang telah disalurkan PTPN V mencapai angka yang juga fantastis yakni Rp. 46.142.053.000,-. “Di kota Pekanbaru sendiri setidakya sudah 19 milyar dana Bina Lingkungan yang diberikan Perusahaan kepada stakeholders,” sebut Jabir.

Selanjutnya guna kelancaran Program Kemitraan, Jabir meminta kepada mitra yang sudah menerima dana untuk dapat memanfaatkan uang yang diterima sebaik-baiknya. “Saat ini masih banyak Mitra dan masyarakat yang menantikan bantuan pinjaman dana kerja, untuk itu kami mengharapkan kiranya bapak ibu yang mendapatkan pinjaman agar memanfaatkan uang yang terima sebaik mungkin dan mengembalikan cicilannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru yang diwakili oleh Kabid Fasilitas Pembiayaan dan Jasa Keuangan, Fabilla Sandy, SE,MAP mengatakan,” Keberadaan UMKM memegang peranan penting didalam perekonomian daerah, jumlah UMKM mencapai lebih dari 80% dari seluruh pelaku ekonomi didaerah ini, sehingga pada kesempatan ini kami meminta kepada kita semua untuk menciptakan komitmen yang tinggi dalam membangun perekonomian kota Pekanbaru terutama pada sektor usaha kecil ini,” tukasnya.

“Melalui program kemitraan PTPN V (persero) pekanbaru dipastikan dapat memberi nilai tambah bagi usaha kecil dalam peningkatan produksi baik kualitas maupun kuantitasnya. Kami memberikan apresiasi & ucapan terima kasih kepada PTPN V, dan hendaknyanya ini juga dapat diikuti oleh BUMN-BUMN lainnya yang ada di kota pekanbaru yang kita cintai ini,” ujarnya lagi.***(rls/ran)