h1ROKAN HULU (SegmenNews.com)- Sebanyak 246 Jamaah Calon Haji (JCH) Rokan Hulu (Rohul) bersama dengan 179 JCH Inhu dan 19 JCH Kota Pekanbaru, tiba dengan selamat di Bandara Internasional Abdullah Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada hari Selasa, tanggal 5 September 2014 pukul 15.00 WIB (19.00 WAS).

Mereka melakukan perjalanan panjang, dari Bandara Hang Nadim Batam menuju bandara AMAA Madinah, dengan menggunakan pesawat berbadan lebar, Saudi Arabian Air Lines, milik Pemerintah Arab Saudi, kurang lebih 5 jam tanpa berhenti, mulai dari pukul 10.00 Wib.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, kepada wartawan berbagai media massa, Sabtu (6/9/2014) setelah mendapat laporan dari Ketua Kloter 5 Drs Marjoni MAg, Pembimbing Ibadah Drs H Edi Tasman MSi, dan Petugas Daerah Rohul Irwandi S Sos MSi. Mereka melaporkan bahwa seluruh JCH Kloter 5 Embarkasi Batam telah tiba dengan selamat di Madinah.

Ahmad Supardi lebih lanjut menyatakan, bahwa berdasarkan laporan ketiga orang petugas tersebut, semua JCH Rohul di Kota Madinah menempati hotel Mawaddah, berjarak 100 Meter dari Masjid Nabawi. Hal ini memberikan peluang yang sangat besar untuk dapat melaksanakan sholat berjamaah lima waktu di Masjid Nabawi.

Para JCH Rohul akan melaksanakan Arba’ien di Madinah selama 8 hari, yaitu dari tanggal 6 sampai dengan 13 September 2014 dan setelah itu mereka akan melaksanaklan umrah ke Makkah. Araba’ien adalah melaksanakan sholat berjamaah sebanyak 40 waktu di Masjid Nabawi, terangnya.

Ahmad Supardi juga menjelaskan bahwa Arba’ien hukumnya adalah sunat, namun ibadah ini sangat penting, sebab bahagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan ibadah haji. Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, Sholat di Masjid Nabawi memiliki nilai 1000 kali lipat dibandingkan dengan sholat di masjid biasa.

Hal ini berarti bahwa para JCH yang melaksanakan Arba’ien akan mendapatkan pahala 40 x 1.000 = 40.000 pahala sholat di tempat atau masjid biasa. Hal ini adalah sesuatu fadhilah luar biasa yang didapatkan oleh para JCH, papar Ahmad Supardi.***(ran/rls)