ROKAN HULU(SegmenNews.com)– Sebanyak 246 Jamaah Calon Haji (JCH) Rokan Hulu (Rohul), setibanya di Kota Madinah pada hari Jumat, tanggal 5 September 2014, Sabtu (6/9/2014) waktu Subuh melaksanakan Arba’ien dengan khusuk di Masjid Nabawi Madinah.

Sebagaimana diketahui bahwa Arba’ien hukumnya adalah sunat, namun ibadah ini sangat penting, sebab bahagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan ibadah haji. Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, Sholat di Masjid Nabawi memiliki nilai 1000 kali lipat dibandingkan dengan sholat di masjid biasa.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, kepada wartawan, Senin (8/9/2014) setelah mendapat laporan dari Ketua Kloter 5 Drs Marjoni MAg, Pembimbing Ibadah Drs H Edi Tasman MSi, dan Petugas Daerah Rohul Irwandi S Sos MSi.

Mereka melaporkan bahwa 246 JCH Rohul yang tergabung dalam Kloter 5 Embarkasi Batam, setibanya dengan selamat di Bandara Abdullah Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, langsung menuju hotel Mawaddah yang jaraknya hanya 100 Meter dari Masjid Nabawi, mengurusi barang bawaan, dan esok paginya, Sabtu (6/9/2014) langsung memulai Arbaien, dengan Sholat Subuh Berjamaah.

Para JCH Rohul akan melaksanakan Arba’ien di Madinah selama 8 hari, yaitu dari tanggal 6 sampai dengan 13 September 2014 dan setelah itu mereka akan melaksanaklan umrah ke Makkah. Araba’ien adalah melaksanakan sholat berjamaah sebanyak 40 waktu di Masjid Nabawi, terangnya.

Ahmad Supardi berpesan kepada ketiga orang petugas tersebut, agar di sela-sela pelaksanaan Arbaien, menyempatkan diri membawa JCH Rohul ke Raudhah, ziarah ke Makam nabi Muhammad SAW, Abu Bakar Shiddiq, Umar bin Khattab, dan pemakaman Baqi’ yang berada di samping Masjid Nabawi, sehingga memperoleh kesempurnaan ibadah haji.(azhari)