Walikota Pekanbaru Firdaus MT menerima penghargaan Piala WTN  dari Mentri Perhubungan RI EE Mangindaan, Rabu (10/9) di Smesco Jakarta.
Walikota Pekanbaru Firdaus MT menerima penghargaan Piala WTN dari Mentri Perhubungan RI EE Mangindaan, Rabu (10/9) di Smesco Jakarta.

PEKANBARU (SegmenNews.com)- Walikota Pekanbaru, Provinsi Riau, Firdaus MT menerima Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori kota terbaik Nasional dibidang perhubungan tahun 2014.

Piala tersebut diserahkan langsung oleh Mentri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, EE Mangindaan di gedung SEMSCO Convention center, Jakarta, Rabu (10/9/14) disaksikan oleh Kakorlantas Polri Brigjend Condro Kirono yang juga mantan Kapolda Riau.

Dihadapan ribuan tamu undangan dari seluruh Indonesia, Menhut, Mangindaan menyampaikan bahwa Pekanbaru adalah kota besar di Indonesia yang meraih peringkat pertama dari 6 Kota besar peraih piala WTN lainnnya. Menduduki peringkat kedua adalah, Kota Padang, Bandar Lampung, Surakarta, Balik papan dan terakhir Denpasar.

Dikesempatan itu, Walikota Fordaus tak lupa menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang ikut berkomitmen dalam mewujudkan tertib berlalulintas dan peduli keselamatan dan kenyamanan angkutan darat dan angkutan umum di Kota Pekanbaru.

Walikota bersalamaan dengan Kakorlantas Polri Brigjend Pol Condro Kirono mantan Kapolda Riau usai menerima Piala WTN.
Walikota bersalamaan dengan Kakorlantas Polri Brigjend Pol Condro Kirono mantan Kapolda Riau usai menerima Piala WTN.

Sebagai peraih peringat tertinggi dalam kategori kota besar, jika Pekanbaru tetap mempertahannya lima kali berturut-turut maka Pekanbaru akan meraih WTN Kencana. Namun diingatkan Firdaus, penghargaan bukanlah tujuan utama, melainkan bagaimana menciptakan lalulintas yang tertib dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan tatib lantas.

Kesadaran itu, otomatis akan menciptakan kenyamanan angkutan darat, baik pribadi maupun umum. “Mari kita terus berbenah untuk menciptakan keamanan, kenyamanan dan ketertiban berlalulintas,” komit Firdaus.

Diacara penyerahan piala WTN tersebut, lima Kabupaten/kota lainnya di Riau juga memperoleh piala WTN dibidang kota sedang dan kecil yakni, Dumai, Pelalawan, Rengat, Siak dan Bengkalis. Sementara itu, pihak swasta di Pekanbaru juga memperoleh penghargaan sebagai pengemudi terbaik Nasional yakni, Muhammad Fauzi salah seorang supir Minas-Pekanbaru.

*Piala WTN Diarak*

Usai menerima penghargaan dan piala WTN, esok harinya, Kamis (11/9/14) siang, Walikota Firdaus beserta rombongan tiba di Pekanbaru. Ratusan masyarakat dan pejabat yang sudah menanti kedatangan Walikota menyambut dengan suka cita diseputaran jalan jendral Sudirman.

Piala WTN kebanggaan masyarakat Kota Pekanbaru atas keberhasilan sebagai kota besar terbaik Nasional dibidang perhubungan tahun 2014 diarak dengan iringan tabuhan kompang. Arak-arakan juga mendapatkan pengawalan dari pasukan Patola Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pekanbaru.

Tampak Kepala Dishubkominfo, Syafril bersama Asisten II setdako, Dedi Gusriadi didampingi Bujang dan Dara Pekanbaru bergabung dalam rombongan pawai. Acara dihadiri Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi beserta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

KomunitasHarley Davidson Club, komunitas mobil, Asykar Theking dan lain-lain juga ikut ambil bagian dalam arak-arakan Piala kebanggan masyarakat Pekanbaru itu. Sesampainya di kantor Walikota, arak-arakkan Piala tersebut kembali disambut oleh sejumlah pejabat dan ratusan pelajar.

Piala WTN Disambut Suka Cita Warga Pekanbaru saat arak-arakan tiba
Piala WTN Disambut Suka Cita Warga Pekanbaru saat arak-arakan tiba

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi, di sela-sela arak-arakan piala WTN mengatakan esensi WTN adalah bagaimana meningkatkan kesadaran tertib berlalulintas. Serta kepedulian akan kenyamanan angkutan darat dan umum.

“Pemko dan DPRD selama ini komit menciptakan ketertiban berlalu lintas. Diantaranya dengan mempersiapkan SAUM yang aman sejak 2009. Ada juga pembangunan jalan alternatif serta meningkatkan jalan kota dan jalan pinggir kota,” ujar Ayat Cahyadi.

Ayat Cahyadi tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru yang berpartisipasi dalam kelancaran tertib lalulintas.

Kadishubkomimfo Pekanbaru Syafril, dalam pidatonya menyampaikan, keberhasilan Pekanbaru dalam meraih penghargaan WTN tertinggi yakni piala ke-10 kategori kota besar ini merupakan penghargaan yang begitu besar bagi masyarakat Kota Pekanbaru.

Dia menghimbau agar masyarakat terus meningkatkan kepedulian tertib berlalulintas, agar tercipta Kota aman, tertib, tenteram dan nyaman.***(advertorial/hms/chir)