Jembatan Siak
Jembatan Siak

SIAK (SegmenNews.com)- Bupati Siak Drs Syamsuar MSi tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk menjadikan Kabupaten Siak sebagai tuan rumah Forum Anak se-Asia pada akhir tahun mendatang.

Dipaparkan Syamsuar, Kamis (11/9/2014) saat di kecamatan Mempura, kesempatan itu langsung diusulkan oleh Mentri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak PPA, Linda Amalia Sari Gumelar. Yakni setelah Siak berhasil mewakili provinsi Riau pada pertemuan Forum Anak Nasional 4 Mei 2014 lalu.

“Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah Forum Anak Asia, kemudian ditawarkan lagi ke Siak. Peluang itu langsung kita tangkap saja, sekalian memperkenalkan Siak sebagai negri pariwisata,” ungkapnya.

Salah satu tempat yang akan dijadikannya tempat berkumpulnya Forum Anak Asia itu adalah Kecamatan Mempura. Maka, kepada Camat Mempura diminta untuk segera menginventarisi rumah-rumah penduduk yang ada.

“Mulai dari sekarang sudah harus disiapkan, jangan sampai tiba-tiba kita tak siap. Karena nantiknya anak-anak akan tidur rumah penduduk langsung,” jelasnya.

Selain itu, Syamsuar juga berharap dukungan partisiapsi masyarakat Siak, karena pada acara itu Siak akan dikunjungi ramai orang dari negara tetangga. Dukungan yang diminta adalah dengan menjaga sikapnya masyarakat terhadap kesopan santunan harus tetap dipertahankan sebagai budaya kemelayuan di Siak.

“Kita mintalah kepada masyarakat Siak, untuk sama-sama berkomitmen juga menjaga kelestraian kebudayaan Melayu kita sebagai pariwisata di mata internasional. Sehingga ke depannya, orang luar akan semakin rajin datang ke Siak dan tentunya itu juga akan meningkatkan perekonomian Siak,” tutupnya.***(btp/rin)