Wabup Siak, Drs.H Alfedri.M.Si menerima piala penghargaan WTN dari Menhub RI, E.E. Mangindaan
Wabup Siak, Drs.H Alfedri.M.Si menerima piala penghargaan WTN dari Menhub RI, E.E. Mangindaan

SIAK (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak meraih piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Mentri Perhubungan E.E. Mangindaan. Piala tersebut diterima Wakil Bupati (Wabup) Siak Drs.H Alfedri.M.Si, pada sempena puncak peringatan Hari Transportasi 2014 di Smesco convention centre Jakarta, Rabu (10/9/14).

Piala WTN yang diraih Pemkab Siak merupakan penghargaan kategori kota kecil tertip lalulintas, atau dinilai berhasil mengembangkan sistem transportasi ideal di daerah.

Keterangan Mentri Perhubungan RI E E Mangindaan, kepada sejumlah pimpinan daerah bahwa kedepan indikator yang dipergunakan dalam penilaian WTN diharapkan lebih kompleks dan terintegrasi. “Saya berharap standar penilaian WTN kedepan harus ada peningkatan dari single moda menjadi multi moda” ungkapnya.

Untuk itu diharapkan kabupaten/kota penerima anugerah WTN, dapat mengembangkan sistem transportasi terintegrasi antar moda dengan memberikan perhatian pada pengembangan transportasi laut dan perairan.

Salah satu tatatertib berlalulintas menuju jembatan Siak
Salah satu tatatertib berlalulintas menuju jembatan Siak

Senada dengan hal tersebut, Dirjen Perhubungan darat Suroyo Alimoeso dalam laporannya mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk pembinaan pemerintah kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, terhadap penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan.

“Harapan kita, kedepan tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, aman, selamat dan efisien, berkelanjutan serta menjamin ekuitas pengguna hak jalan,” ujar Suroyo.

Wabup Siak Drs Alfedri M.Si, mengungkapkan terimakasih kepada masyarakat dan mengungkapkan keberhasilan ini tentunya keberhasilan seluruh masyarakat Kabupaten Siak. “Ini keberhasilan seluruh masyarakat Siak, atas kerjasama dan dukungannya,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap anugerah yang telah diberikan tersebut dapat dipertahankan dan ditingkapkan. Sehingga Kabupaten Siak makin ternama.

Selain itu Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Siak Kaharuddin melalui Kepala Bidang (Kabid) Darat dekat Perbatas, bahwa WTN ini diberikan ke Pemkab Siak untuk yang ke dua kalinya, dan tentunya telah melalui tahapan-tahapan penilaian yang dilakukan tim penilai WTN.

“Siak masuk dalam kategori kota kecil tertip lalulintas, atau berhasil mengembangkan sisten transportasi, seperti tertibnya rambu-rambu lalulintas, dan lainnya,” ujar Tekat Perbatas.***(advertorial/humas/rinto)