Drs Irmansyah MSi
Drs Irmansyah MSi

SELATPANJANG (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti-Riau, terus melakukan pembenahan Kota Selatpanjang hingga mampu memperoleh Piala Adipura.

Untuk itu, peran instansi terkait dan dukungan masyarakat luas sangat diharapkan, karena objek penilaian tim Adipura adalah fasilitas umum yang berada ditengah-tengah masyarakat atau kota.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Irmansyah MSi, di kantornya jalan Banglas Selatpanjang, Selasa (16/9/2014).

Menurutnya, Kota Selatpanjang yang merupakan kota kecil sebagai Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti sangat berpotensi meraih Piala Adipura.

“Hanya saja untuk menciptakan Kota yang bersih dan tertib tentunya membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat, termasuk program-program dari seluruh instansi terkait dalam mendukung upaya ke arah itu,” ucapnya.

Sebagai langkah awal, ungkapnya, belum lama ini BLH Kabupaten Kepulauan Meranti mengundang tim pemantau piala Adipura tingkat Provinsi Riau. Dari pemantauan yang dilakukan, disimpulkan bahwa ada beberapa objek penilaian yang perlu segera dibenahi, sehingga Kota Selatpanjang bisa masuk nominasi Piala Adipura.

“Pemantauan awal yang telah dilakukan Tim Adipura tingkat Provinsi, akan menjadi acuan dasar kami dalam mengkoordinasikan program pembenahan lingkungan Kota Selatpanjang bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya. Kita harapkan pada pemantauan tahun berikutnya sudah mengalami peningkatan,” ujarnya.

Irmansyah menjelaskan, ada 19 objek penilaian yang masuk dalam pemantauan Tim Adipura. Dari 19 objek itu, 6 diantaranya belum masuk kegiatan pemantauan di Kota Selatpanjang, karena memang belum ada di Kota ini, seperti Stasiun, Bandar Udara, Bank Sampah, Pantai Wisata, Terminal Bus/Angkot dan Hutan Kota.

“Saat Pra Pemantauan P1 Tahun 2014/2015 lalu, hanya 13 objek yang dipantau oleh Tim Adipura tingkat Provinsi Riau, diantaranya Perumahan, Jalan, Pasar, Pertokoan, Perkantoran, Sekolah, Rumah Sakit/Puskesmas, Taman Kota, Pelabuhan, Perairan Terbuka, TPA Sampah, Pemilahan Sampah dan Pengolahan Sampah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk meraih Piala Adipura sangat dibutuhkan kerjasama semua pihak. Oleh karenanya pihak BLH Kepulauan Meranti mengharapkan agar seluruh instansi terkait di daerah ini dapat merencanakan program atau kegiatan dalam mendukung upaya tersebut di Tahun Anggaran 2015 mendatang.***(def)