M.NOERPEKANBARU (SemenNews.com)- Sejak tiga hari ini, Kualitas udara Kota Pekanbaru di level tidak sehat. Ini berdasarkan Papan Indeks Pencemaran Udara (ISPU). Kendati demikian Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum berencana untuk meliburkan siswa sekolah.

Hal tersebut disampaikan plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, M Noer. “Untuk saat ini kita BLH (Badan Lingkungan Hidup), Dinas Pendidikan (Disdik) masih terus melakukan pemantauan terhadap dampak kabut asap ini. Sedangkan mengenai anak sekolah belum diliburkan,” ujarnya, Kamis (18/09/2014).

Asisten I Sekretaris Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru ini menyebutkan, kondisi kabut asap masih memungkinkan untuk para siswa tetap bersokolah.

“Sesuai protapnya jika kualitas udara berstatus berbahaya, itu langsung kita rekomendasikan anak sekolah diliburkan. Tapi karena saat ini statusnya tidak sehat belum kita rekomendasikan. Tapi kita terus berkoordinasi,” sebutnya.

Untuk saat ini dirinya menghimbau kepada anak-anak sekolah untuk tidak banyak bermain di luar ruangan. Karena dikhawatirkan terkena gangguan kesehatan di saluran pernapasan. “Kita himbau anak sekolah tidak berlama-lama di tempat terbuka. Jangan lupa pakai masker bila keluar ,” himbaunya.***(btp/ran)