Wakil Gubernur Riau dan unsur Muspida Riau memukul Kompang saat membuka Riau Exspo 2014
Wakil Gubernur Riau dan unsur Muspida Riau memukul Kompang saat membuka Riau Expo 2014

PEKANBARU (SegmenNews.com)- Minggu (21/9/2014) malam, Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman resmi membuka acara Riau Expo 2014, pameran produk industri dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang digelar di Laman Bujang Mat Syam atau biasa dikenal dengan Purna MTQ, berlangsung hingga 27 September mendatang dan diharapkan menjadi lokomotif bagi pelaku usaha.

Turut hadir pada acara pembukaan, Sekdaprov Zaini Ismail, Ketua DPRD Riau Suparman, Kepala BPMD Riau Irhas Irvan, Kadis Perkebunan, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, mantan Wagubri HR Mambang Mit, mantan Bupati Siak Arwin AS, serta pelaku usaha lokal mau pun dari luar Riau.

Wagubri dalam sambutanya, berharap keberadaan Riau Expo mampu menjembatani berbagai potensi usaha di Riau, baik industri besar, kecil dan menengah. Dengan begitu, acara pameran tahunan ini dapat menjadi lokomtif bisnis nantinya. Sehingga Riau Expo tidak hanya menjadi acara serimonial belaka.

“Melalui Riau Expo ini diharapkan benar-benar mampu menjembatani terhadap semua pelaku usaha. Sehingga, Riau Expo bisa menjadi lokomotif bisnis,” kata Wagubri.

Karena papar Wagubri, satu hal yang saat ini menjadi perhatian pemerintah,yakni akan masuknya ASEAN Comunity, dalam waktu tidak lama lagi. Dimana, tidak lagi batas antar pelaku usaha.

Baik usaha, kecil, menengah mau pun besar harus bisa bersaing untuk memperabutkan peluang pasar. Jika pelaku usaha lambat mengantisiasi, produk dari negara lain akan menjadi “raja” di negeri sendiri.

“Karena itu, Riau Expo harus bisa menjembatani minimal turut mempromosikan bahkan membantu memasarkanya. Karena untuk menghadapi ASEAN nanti, kita harus kuat dalam permodalan, jaringan, kualitas hingga persaingan harga,” papar Wagubri.

Wagubri Arsyadjuliandi Rahman meninjau salah satu stand Riau Exspo 2014
Wagubri Arsyadjuliandi Rahman meninjau salah satu stand Riau Expo 2014

“Karena itu, sudah seharusnya pencapaian promosi dan pameran Riau Expo tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun depan, kita sudah masuk ASEAN comunity, tak ada batasan lagi, sehingga harus bersaing,” ujar Wagubri.

Pemprov sendiri, saat ini terus berupaya meningkatkan infrastruktur seperti jalan, jembatan mau pun fasilitas umum lainya. Sehingga hasil usaha segera dapat dipasarkan dengan cepat. Diantaranya baik hasil perkebunan mau pun tanaman pangan dan holtikultura.

Lebih lanjut, Wagubri minta agar seluruh pelaku usaha baik besar, kecil dan menengah dapat bersinergitas. Kemudian, Pemprov saat ini juga sedang giat-giatnya mengembangkan objwk wisata yang ada di Riau seperti Candi Muara Takus, Bono dan potensi lainya. Sehingga kedepan, potensi wisata juga dapat menjadi andalan masyarakat Riau.

Sementara Ketua Panitia yang juga Kepala BPMD Riau Irhas Irvan mengharapkan Riau Expo tahun ini dapat mempromosikan peluang usaha lebih luas lagi. Sehingga keberadaan melalui pameran ini juga dapat menjembatani dalam memasarkan produk-produk.

Ada pun target lainya, yakni melalui Riau Expo ini juga dapat memberikan kontribusi berupa lapangan kerja. Dengan begitu, akan dapat meningkatkan perekonomian Riau dengan sendirinya.***(Advertorial/hms/chir)