ROKAN HILIR (SegmenNews.com)– Mantan sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Drs H Asrul M Noor MSi secara resmi dilantik oleh ketua Komite Olahraga Indonesia (KONI) Riau Emrizal Pakis sebagai ketua KONI Kabupaten Rohil periode 2014-2018.

Pelantikan yang dilaksanakan di Hotel Armarosa, dibatu empat Bagansiapiapi Selasa (23/9), itu dihadiri juga oleh Plt Sekda Rohil HM Job Kurniawan Ap, ketua Sementara DPRD Rohil Nasruddin Hasan, Sekwan DPRD Rohil H Syamsuri Achmad S Sos MSi, dan para kepala Dinas/badan/kantor dilingkungan Pemkab Rohil.

Dalam sambutnya ketua KONI Riau Emrizal Pakis mengucapkan selamat kepada 19 pengurus KONI yang baru saja dilantik, dengan dilantiknya pengurus KONI Rohil ini bisa membentuk dan melahirkan atlet-atlet yang berprestasi, sehingga bisa mengharumkan nama daerah Rohil khususnya dan Propinsi Riau umumnya. KONI hanya mempunyai satu kunci, yaitu bagaimana cara membina atlet yang berprestasi.

Karena KONI ini sangat berbeda dengan Ormas-Ormas lain nya, KONI mempunyai Peraturan dan undang-undang yang nantinya harus diperhatikan oleh pemerintah daerah, pemerintah wajib membantu KONI dalam segi materi dan pembinaan olah raga. “Jadi kalau KONI mendapatkan suntikan dana dari pemerintah itu hal yang wajar, namun semua itu tentunya tidak terlepas dari pertanggung jawaban,”ujar Emrizal.

Emrizal juga mengatakan bahwa di Rohil telah banyak melahirkan atlet-atlet yang berprestasi,terutama di Kecamatan Bagan Sinembah, dimana daerah itu berbatasan dengan Propinsi Sumut. “Kalau di Bagansiapiapi atlet yang banyak berprestasi itu adalah Basket dari kalangan masyrakat Tionghoa, jadi saya meminta kepada pengurus Koni Rohil supaya untuk membina dan mengembangkan olahraga itu,”pintanya.

KONI Riau menurut Emrizal tidak ingin atlet-atlet yang dibawa bersaing dengan memakai atlet dari luar Riau, karena itu tidak akan mengembangkan olahraga bagi putra-putri daerah Riau. Beberapa waktu yang lalu Riau memperoleh 44 Medali emas saat PON, sebagian dari Atlet itu bukan putra Riau.

“Jadi kedepan nya kita tidak ingin mengambil atlet dari luar Riau,apabila ditemukan maka akan kita coret. Kita tetap akan membudidayakan atlet daerah,apapun itu hasilnya. Saat ini banyak atlet yang ingin keluar dari Riau, hal ini dikarenakan atlet itu bukan putra Riau,dengan keluarnya atlet itu,maka Riau akan disusahkan dalam mencari bibit-bibit atlet yang berprestasi,untuk itu galilah atlet-etlet yang ada didaerah,” himbaunya.

Lebih jauh Emrizal mengatakan, kalau untuk Indonesia atlet-atlet yang berprestasi itu banyak di NTB, karena pemerintah maupun pengurus koni untuk membina atlet dengan pelatih yang Profesional.”Saya yakin dengan pengurus KONI yang baru dilantik ini mampu membina dan melahirkan atlet-atlet yang berkualitas, karena ketua dan pengurusnya kebanyakan dari kalangan Birokrasi,” ujarnya.

Emrizal juga mengingatkan kalau pada Desember mendatang akan menghadapi Pertandingan olahraga, dimana yang dipertandingkan nanti ada 15 cabang olahraga, Riau akan ikut 14 cabang olahraga, peserta nya berumur 17 tahun. Untuk itu KONI Riau berharap kepada Pemkab Rohil supaya memberikan dukungan serta bisa menguatkan basis pembinaan terhadap atlet-atlet baik itu di kabupaten maupun di kecamatan yang ada,sehingga nantinya bisa melahirkan sang juara di Rohil.

“KONI riau mendapatkan suntikan dana tiga kali lipat dari Pemprov Riau tahun 2014, KONI Riau dibantu 30 Milyar. Jadi kita berharap kepada pemkab Rohil supaya membantu KONI Rohil, karena Olahraga ini sangat perlu dikembangkan. bakat yang akan diambil dari Rohil nanti ada tiga cabang,yaitu cabang basket,Tenis Meja dan Karate,”ungkapnya.

Ketua Koni Rohil Drs H Asrul M Noor MSi mengatakan, KONI Rohil akan mendata kembali pencab KONI yang ada dikecamatan, masih aktif atau tidak, kalau memang tidak aktif maka akan dibentuk Pencab KONI yang baru.

“Untuk memajukan olahraga di Rohil pihak KONI akan mencarai atlet serta pelatih yang ada kegila-gilaan nya, karena kalau dicari Atlet maupun pelatih yang lurus, maka olahraga Rohil tidak akan pernah berkembang,”kata Asrul.

Sementara Sekda Rohil HM Job Kurniawan Ap dalams sambutanya meminta KONI Rohil bekerja dengan baik,Pemkab akan siap membantu KONI, “kalau perlu Lima kali lipat, namun itu tergantung dari kinerja KONI, kalau kerjanya bagus maka Pemkab tidak akan segan-segan membantu KONI. Apapun kebutuhan KONI kita akan bantu,”ujar Job.**(af)