kapoldaTEMBILAHAN (SegmenNews.com)- Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) Provinsi Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (25/9/2014), guna melihat kondisi daerah tersebut.

Pada kunjungan itu, Kapolda Riau beserta rombongan datang menggunakan helikopter dan mendarat di halaman Kantor Bupati Inhil, Jalan Akasia Tembilahan sekitar pukul 11.30 WIB, yang disambut Wakil Bupati, H Rosman Malomo didamping sejumlah pejabat dan Kapolres, AKBP Suwoyo beserta jajarannya.

Dalam arahannya, Kapolda menekankan kepada seluruh jajarannya, untuk lebih maksimal dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Apalagi, lanjut Kapolda, dampak dari karhutla ini bisa menimbulkan asap, yang selain mengganggu kesehatan juga mempengaruhi faktor perekonomian.

“Beberapa hari ini, di Inhil diketahui terpantau titik api, tapi ketika saya didalam Heli tadi tidak ada lihat titik api, mungkin sudah mati karena sepertinya di sini baru selesai hujan deras,” ujar Kapolda kepada awak media usai memimpin pertemuan bersama jajaran di Mapolres Inhil.

Dijelaskan Kapolda, kedatangnnya ke Kabupaten Inhil untuk memberikan pengarahan dan motivasi kepada jajarannya di Polres Inhil, untuk lebih memaksimalkan kesiapan dalam mengatasi Karhutla.

“Apalagi Inhil ini tidak jauh dari Singapura, seharusnya kirim kelapa aja ke sana, gak usah kirim asap,” tambahnya.

Selanjutnya, ia juga mengimbau kepada masyarakat Inhil untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena menurutnya masih banyak alternatif lain yang bisa digunakan untuk membuka lahan baru atau membersihkan lahan yang tersedia.

“Jangan ambil cara mudah tapi merugikan, jadi saya minta kepada jajaran di sini bekerjasama dengan instansi terkait, untuk lebih giat memberikan pemahaman pada masyarakat tentang bahaya membuka lahan dengan cara dibakar,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Inhil, AKBP Suwoyo menyatakan siap mendukung dan bekerjasama dengan semua pihak terkait, dalam upaya meningkatkan pelayanan serta menjaga ketertiban dan keamanan di tengah-tengah masyarakat.

“Kita dan jajaran akan berusaha semaksimal mungkin, untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya karhutla, dengan melakukan berbagai langkah pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya.***(kpr)