Bupati Achmad saat memimpin rapat persiapan Hari Raya Idul Adha
Bupati Achmad saat memimpin rapat persiapan Hari Raya Idul Adha

ROKAN HULU (SegmenNews.com)– Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu merencanakan dan mempersiapkan kembali pelaksanaan Shalat Idul Adha 1435 Hijriyah secara bersamaan, untuk kawasan Kota Pasirpengaraian yang dipusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Centre, Kota Pasirpengaraian.

Guna merealisasikan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Madani Pasirpengaraian, Bupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, dan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Jumat (26/9/2014) pagi, menggelar pertemuan dengan seluruh pengurus Masjid se Kecamatan Rambah.

Bupati Rohul Drs H Achmad MSi mengatakan, Pertemuan di aula Masjid Agung Madani merupakan bagian dari upaya Pemerintah Rohul untuk memusatkan pelaksanaan shalat Idul Adha, karena beberapa tahun belakangan ini pemkab Rohul terus mendorong seluruh masjid di kecamatan Rambah agar memusatkan Shalat Id di Masjid Agung Madani Pasirpengaraian.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh Masjid yang ada di kawasan Kota Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah, menyatakan kesediaan untuk shalat Id baik hari raya Idul Fitri atau Idul Adha di Masjid Agung. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan syi’ar Islam dan Ukhuwah Islamiyah, serta symbol persatuan umat Islam, jelas Ahmad Supardi Usai pertemuan.

Ahmad Supardi mengharapkan kebijakan Sholat Idul Adha bersamaan ini, diharapkan bisa membangun emosional antara masjid agung madani dengan masjid-masjid lainnya, sehingga terjalin hubungan komunikatif dan koordinatif yang dapat bersinergi antara satu sama yang lain, untuk selanjutnya menjadikan syiar Islam semakin semarak dan berkembang.

Rapat menghasilkan beberapa kesimpulan penting, antara lain adalah akan dilaksanakannya pawai Takbir pada malam Hari Raya Idul Adha 1435 H yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pada tanggal 5 Oktober 2014. Untuk keperluan ini, Pemkab Rohul akan memberikan bantuan Rp 5 juta per masjid.

Selain daripada itu, Pemkab Rohul melalui Masjid Agung Madani, akan memberikan hewan qurban, masing-masing satu ekor sapi untuk setiap masjid yang ada di Kota Pasir Pengaraian.***(adv/hum/az)