sapi kurban (net)
sapi kurban (net)

DUMAI (SegmenNews.com)- Mendekati hari raya Idul Adha 1435 Hijriah/2014, harga kebutuhan hewan kurban sapi di Kota Dumai, Riau, mulai mengalami peningkatan dan kini mencapai Rp 12 juta – Rp14 juta.

Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanla) Kota Dumai Syafrizal mengatakan, dibandingkan tahun lalu, harga sapi hanya berkisar antara Rp11 juta hingga Rp13 juta per ekor.

“Hewan sapi untuk kebutuhan kurban Idul Adha sudah mulai dipasarkan untuk memenuhi permintaan pengurus masjid musalla, dengan harga naik bervariasi,” jelas Syafrizal

Dia mengungkapkan, pemerintah sudah mengeluarkan edaran meluas kepada masyarakat dan panitia kurban terkait tempat dan syarat kesehatan hewan yang layak kurban dan dikonsumsi untuk kebutuhan Idul Adha.

Seorang pemasok sapi kurban, Najdi mengaku telah menyiapkan sebanyak 200 ekor hewan untuk didistribusikan ke Dumai, namun sebelum dimasukkan, hewan terlebih dahulu dipelihara dan dibesarkan di Kota Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis selama 6 bulan.

Dia yang sudah menjalankan usaha peternakan sapi sejak 2001 lalu ini, mendatangkan hewan dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan kini sudah banyak diminta oleh beberapa pengurus masjid dan musalla, perseorangan ataupun perusahaan.

“Sebanyak 200 ekor sapi berusia diatas 18 bulan keatas sudah kita siapkan untuk memenuhi permintaan hewan kurban di Dumai, dan sejauh ini sudah ada yang melakukan permintaan,” jelasnya. (MCR/Chir)