ilustrasi RS
ilustrasi RS

PEKANBARU(SegmenNews.com)- Pemko Pekanbaru, Riau, diminta segera merealisasikan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sendiri guna melayani mastarakat di bidang kesehatan mengingat RSUD yang ada sekarang ini milik provinsi, sedangkan kebutuhan akan kesehatan semakin meningkat.

“Saat ini jumlah penduduk kota Pekanbaru terus mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan kebutuhan pelayanan masyarakat makin besar, sehingga kota ini sudah waktunya memiliki rumah sakit sendiri,” ungkap salah seorang anggota DPRD Kota Pekanbaru, Ferry Sandra Pardede, Senin,(29/9/14) kepada wartawan

Dia menyebutkan untuk biaya pembangunan rumah sakit itu sudah dianggarkan di APBD 2015. Untuk itu pembuatan DED-nya harus segera diselesaikan, sehingga pembangunan bisa langsung dimulai tahun 2015 mendatang.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Pekanbaru Rahmad mengatakan, Pemko Pekanbaru memang sudah merencanakan membangun rumah sakit tipe C tahun depan. Pembangunannya sendiri masih menunggu DED yang sebentar lagi akan selesai.

Direncanakan rumah sakit ini akan dibangun di Jalan Garuda Sakti di lahan seluas 3,2 hektar. “Diharapkan rumah sakit ini akan menjadi percontohan untuk rumah sakity tipe C se-Indonesia,” ungkap Rahmad.

Dia mengakui kehadiran rumah sakit ini sudah sangat dibutuhkan di Pekanbaru karena keberadaan puskesmas dinilai belum idel memberikan pelayanan kepada jutaan masyarakat Pekanbaru. Saat ini total puskesmas hanya 20, dan 5 puskesmas rawat inap serta 9 UPTD Puskesmas (termasuk rawat jalan). (MCR/chir)